Rabu, 22 Maret 2017

Laporan Observasi Terhadap Kesulitan Belajar

LAPORAN OBSERVASI
TERHADAP KESULITAN BELAJAR


Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Akhir
Mata Kuliah Psikologi Belajar Bahasa

Dosen pengampu : Dessy Saputry S.pd,M.Hum
 











Disusun Oleh :

Ana Wahyu Kusniati            NPM   (14040004)



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
TAHUN 2014



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL .................................................................................   i
KATA PENGANTAR ...............................................................................   ii
DAFTAR ISI ..............................................................................................   iii


A.    Latar Belakang ................................................................................  
B.     Rumusan Masalah............................................................................  
C.     Tujuan .............................................................................................  

BAB II PEMBAHASAN
A.    Tinjauan Pustaka..............................................................................  
B.     Pembahasan
a.       Narasumber
b.      Jenis kesulitanbelajar
c.       Cara meremidi

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan .....................................................................................  
B.     Saran ...............................................................................................  

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN







KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi allahyang telah memberikan kemudahan sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini tepatpada waktunya. Tanpa pertolongan- Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Sholawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini memuat materi tentang “Penelitian terhadap Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, Berbicara, dan Menyimak“.
walaupun  makalah ini kurang sempurna dan memerlukan perbaikan tetapi juga
memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dessy Saputry S.pd,M.Hum yang telah membimbing dalam pembuatan makalah ini. Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah ini. Meskipun penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis,tidak menutup mata bahwa masih terdapat  kesalahan dan kekurangan.Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna.Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat penulis harapkan. guna terciptanya makalah yang lebih baik di masa yang akan datang.Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.


Pringsewu,   07 Desember 2014
Penulis



Ana Wahyu Kusniati



PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dunia pendidikan mengartikan diagnosis kesulitan belajar sebagai segala usaha yang dilakukan untuk memahami dan menetapkan jenis dan sifat kesulitan belajar. Masalah belajar yang terjadi dikalangan murid sering kali terjadi dan menghambat kelancaran proses belajar siswa. Kondisi tertentu itu dapat berkenaan dengan keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya. Masalah-masalah belajar ini tidak hanya dialami oleh murid-murid yang lambat saja dalam belajarnya, tetapi juga dapat menimpa murid-murid yang pandai atau cerdas.
Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang harus diajarkan kepada anak karena
bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional dan pemersatu seluruh masyarakat di
Indonesia. Maka dari itu belajar membaca, menulis, berbicara
dan menyimak bahasa Indonesia
yang baik dan benar  harus kita terapkan bagi anak-anak dasar dari usia 6-12 tahun (SD).
Belajar membaca,menulis, berbicara
dan menyimak merupakan salah satu dasar yang
harus dimiliki atau dikuasai oleh siswa agar proses pembelajaran bisa berlangsung dengan
baik dan dengan belajar membaca, menulis,berbicara
dan menyimak anak bisa mengerti pada
pelajaran yang lainnya. Dalam pelajaran menulis, membaca,
berbicara, dan menyimak sering kali guru mendapatkan kesulitan dalam menyampaikan suatu pelajaran karena kurangnya minat
dari siswa dan strategi guru dalam melaksanakan peroses belajar mengajar
. Kesulitan guru dalam menyampaikan pelajaran materi menulis, membaca. Maka,  pada pembelajaran bahasa indonensia di SD N 1 Batutegi  siswa kelas V B, Saya Manemukan masalah dalam belajar,membaca, menulis, menyimak dan berbicara.
Keterangan yang saya dapatkan dari guru,bahwa guru sudah melakukan,menerapkan cara danstrategi mengajar seperti memberikan buku bacaan tentang dongeng
,  cerita buku-buku pelajarandan menjelaskan dengan gambar yang dianggap guru akan bisa
menarik (menstimulus)minat anak, selain dengan menerapkan strategi, metode diatas
guru juga membimbing mereka dalam belajar menulis dan membaca, agar mau menulis
dan membaca,akan tetapi siswa masih juga kurang dalam membaca dan menulisnya.
Kesulitan dalam belajar ini merupakan suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai adanya faktor-faktor tertentu. Misalnya siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari,merasa cepat malas atau jenuh dalam belajar. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan mempengarui prestasi siswa tersebut.

1.2 Rumusan Masalah

1. Bagaimana langkah atau tindakan jika anak didik yang kurang
kosentrasinya ketika belajar bahasa Indonesia di SDN 1 Batutegi.

2. Bagaimanakah solusi yang tepat terhadap siswa atau siswi yang belum
bisa membaca
, munulis, berbicara dan menyimak.

3. Bagaimanakah solusinya jika siswa yang kurang minatnya dalam belajar
membaca,menuli
s, berbicara, dan menyimak. 

4. Bagaimanakah strategi yang digunakan jika siswa belum lancar dalam
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5. Bagaimanakah cara untuk mengatasi jika siswa yang kurang motivasinya
dalam belajar bahasa Indonesia.

1.3 Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui langkah dan tindakan yang dilakukan guru untuk mengoptimalkan atau membuat siswa konsentrasi dalam menerima pelajaran bahasa Indonesia.

2. Untuk mengetahui solusi yang tepat yang harus diterapkan pada siswa atau siswi yang belum bisa atau lanc
ar dalam menulis, membaca, berbicara, dan menyimak.

3. Untuk mengetahui solusi atau cara yang digunakandalam mengatasi siswa yang kurang minatnya dalam belajar membaca,menulis
, berbicara, dan menyimak.

4. Untuk mengetahui strategi yang digunakanjika siswa belum lancar dalam menggunakan bahasa Indonesia .

5. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi anak didik yang kurang  motivasinya dalam belajar bahasa Indonesia .
6. Untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuliah psikologi belajar bahasa.

1.4 Manfaat Penelitian

1.Dapat mengetahui langkah-langkah
serta tindakan dalam mengoptimalkan konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran bahasa Indonesia.

2. Dapat mengetahui solusi yang digunakan
untuk siswa yang belum bisa membaca, menulis,lancar berbicara dan menyimak.

3. Dapat mengetahui cara untuk mengatasi siswa yang kurang minatnya dalam belajar membaca, menulis,berbicara
, dan menyimak.

4. Dapat mengetahui strategi yang digunakan jika siswa belum lancar dalam menggunakan bahasa Indonesia .

5. Dapat mengetahui cara mengatasi anak didik yang kurang motivasinya dalam belajar bahasa Indonesia .





BAB II
PEMBAHASAN
A.     LANDASAN TEORI
2.1   Pengertian Kesulitan Belajar
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai dengan hambatan-hambatan tertentu, dalam mencapai tujuan belajar. Kondisi ini ditandai kesulitan dalam tugas-tugas akademik, baik disebabkan oleh problem-problem neurologis, maupun sebab-sebab psikologis lain, sehingga prestasi belajarnya rendah, tidak sesuai dengan potensi dan usaha yang dilakukan.
Kesulitan belajar pada dasarnya suatu gejala yang nampak dalam berbagai jenis manifiestasi tingkah laku (bio-psikososial) baik secara langsung atau tidak, bersifat permanen dan berpotensi menghambat berbagai tahap belajar siswa.
Dari sejumlah pendapat di atas, kesulitan belajar mempunyai pengertian yang luas dan terjabarkan dalam istilah-istilah, seperti:
a) Learning Disorder (ketergantungan belajar), adalah keadaan di mana proses belajar siswa terganggu, karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya siswa, yang mengalami gangguan belajar seperti ini, prestasi belajarnya tidak terganggu, akan tetapi proses belajarnya yang terlambat, oleh adanya respon-respon yang bertentangan. Dengan demikian, hasil belajar yang dicapai akan lebih rendah dari potensi yang dimiliki.
b) Learning Disabelities (ketidakmampuan belajar), adalah ketidakmampuan seorang siswa, yang mengacu kepada gejala di mana siswa tidak mampu belajar (menghindari belajar), sehingga hasil belajarnya di bawah potensi intelektualnya.
c) Learning Disfunction (ketidak_fungsian belajar), adalah gejala di mana proses belajar tidak berfungsi dengan baik, meskipun pada dasarnya tidak ada tanda-tanda subnormalitas mental, gangguan alat dria atau gangguan-gangguan psikologis yang lainnya.
d) Under Achiever (pencapaian randah), yang mengacu kepada anak-anak atau siswa yang memiliki tingkat potensi intelektual di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Terbukti, pada hasil belajar (sekolah) yang buruk.
e) Slow Learner (lambat belajar), adalah siswa yang lambat dalam proses balajarnya, sehingga membutuhkan waktu lebih lama, dibandingkan dengan anak-anak yang lain memilih taraf potensial intelektual yang sama.
2.1.1 Strata Jenis Kesulitan Belajar
Mengenali kesulitan belajar jelas berbeda dengan mendiagnosis penyakit cacar air atau campak. Cacat air dan campak tergolong penyakit dengan gejala yang dapat dikenali dengan mudah. Berbeda dengan kesulitan belajar (learning disorder) yang sangat rumit dan meliputi begitu banyak kemungkinan penyebab, gejala-gejala, perawatan, serta penanganan. Kesulitan belajar yang memiliki beragam gejala ini, sangatlah sulit untuk didiagnosis dan dicari penyebab secara pasti. Hingga saat ini belum ditemukan obat atau perawatan yang sanggup menyembuhkan mereka sepenuhnya.
Faktor hereditas (genetik) dan lingkungan (environmental) siswa, sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajarnya. Artinya, potensi intelligensi, bakat, minat, motivasi, kurikulum, kualitas dan model pembelajaran guru, turut memberikan andil bagi keberhasilan anak didiknya di sekolah.
2.1.1 Macam-macam Kesulitan Belajar Siswa
Tidak semua kesulitan dalam proses belajar dapat disebut learning disorder. Sebagian anak atau siswa mungkin hanya mengalami kesulitan dalam mengembangkan bakatnya. Kadang-kadang, seseorang memperlihatkan ketidak wajaran dalam perkembangan alaminya, sehingga tampak seperti penderita berkesulitan belajar, namun ternyata hanyalah keterlambatan dalam proses pendewasaan diri saja. Sebenarnya, para ahli telah menentukan kriteria-kriteria pasti dimana seseorang dapat dinyatakan sebagai penderita kesulitan belajar.
Kriteria yang harus dipenuhi sebelum seseorang dinyatakan menderita kesulitan belajar, tertuang dalam sebuah buku petunjuk yang berjudul DSM (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder). Diagnosis yang didasarkan pada DSM umumnya dilakukan ketika individu mengajukan perlindungan asuransi kesehatan dan layanan perawatan. Wood (2005), menyebutkan kesulitan belajar dapat dibagi menjadi tiga kategori besar, diantaranya:
a. Kesulitan dalam berbicara dan berbahasa
b. Permasalahan dalam hal kemampuan akademik
c. Kesulitan lainnya, yang mencakup kesulitan dalam mengordinasi gerakan anggota tubuh serta permasalahan belajar yang belum dicakup oleh kedua kategori di atas.
Masing-masing kategori itu mencakup pula kesulitan-kesulitan lainnya yang lebih spesifik, dan pada makalah ini akan dipaparkan tentang kesulitan belajar membaca (disleksia).

3.1 Kesulitan Belajar Membaca(Disleksia)
Istilah disleksia berasal dari bahasa Yunani, yakni dys yang berarti sulit dalam dan lex berasal dari legein, yang artinya berbicara. Jadi secara harfiah, disleksia berarti kesulitan yang berhubungan dengan kata atau simbol-simbol tulis. Kelainan ini disebabkan oleh ketidakmampuan dalam menghubungkan antara lisan dan tertulis, atau kesulitan mengenal hubungan antara suara dan kata secara tertulis.
Bryan & Bryan (dalam Abdurrahman, 1999: 204), menyebut disleksia sebagai suatu sindroma kesulitan dalam mempelajarikomponen-komponen kata dan kalimat, mengintegrasikan komponen-komponen kata dan kalimat dan dalam belajar segala sesuatau yang berkenaan dengan waktu, arah dan masa. Sedangkan, menurut Lerner seperti di kutip oleh Mercer (1979: 200), mendefinisikan kesulitan belajar membaca sangat bervariasi, tetapi semuanya menunjuk pada adanya gangguan fungsi otak.
Pada kenyataannya, kesulitan membaca dialami oleh 2-8% anak sekolah dasar. Sebuah kondisi, dimana ketika anak atau siswa tidak lancar atau ragu-ragu dalam membaca; membaca tanpa irama (monoton), sulit mengeja, kekeliruan mengenal kata; penghilangan, penyisipan, pembalikan, salah ucap, pengubahan tempat, dan membaca tersentak-sentak, kesulitan memahami; tema paragraf atau cerita, banyak keliru menjawab pertanyaan yang terkait dengan bacaan; serta pola membaca yang tidak wajar pada anak.
Gejala disleksia, anak memiliki kemampuan membaca di bawah kemampuan yang seharusnya dilihat dari tingkat inteligensia, usia dan pendidikannya. Hal ini dikarenakan keterbatasan otak mengolah dan memproses informasi tersebut. Disleksia merupakan kesalahan pada proses kognitif anak ketika menerima informasi saat membaca buku atau tulisan.
Jika pada anak normal kemampuan membaca sudah muncul sejak usia enam atau tujuh tahun, tidak demikian halnya dengan anak disleksia. Sampai usia 12 tahun kadang mereka masih belum lancar membaca. Kesulitan ini dapat terdeteksi ketika anak memasuki bangku sekolah dasar.


a.      Ciri-ciri disleksia:
Ø  Sulit mengeja dengan benar. Satu kata bisa berulangkali diucapkan dengan bermacam ucapan.
Ø  Sulit mengeja kata atau suku kata yang bentuknya serupa, misal: b-d, u-n, atau m-n.
Ø  Ketika membaca anak sering sala1h melanjutkan ke paragraph berikutnya atau tidak berurutan.
Ø  Kesulitan mengurutkan huruf-huruf dalam kata.
Ø  Kesalahan mengeja yang dilakukan terus-menerus. Misalnya kata pelajaran diucapkan menjadi perjalanan.
Banyak faktor yang menjadi penyebab disleksia antara lain genetis, problem pendengaran sejak bayi yang tidak terdeteksi sehingga mengganggu kemampuan bahasanya, dan faktor kombinasi keduanya. Namun, disleksia bukanlah kelainan yang tidak dapat disembuhkan. Hal paling penting adalah anak disleksia harus memiliki metode belajar yang sesuai. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki metode yang berbeda-beda, begitupun anak disleksia.
Kesulitan membaca pada anak penderita disleksia tentu saja akan berpengaruh pada kemampuannya memahami mata pelajaran yang lain. Dalam pelajaran matematika, misalnya, anak akan kesulitan memahami symbol-simbol. Karena anak yang mengalami disleksia, akan berpengaruh ke seluruh aspek kehidupannya. Kadang-kadang dalam berbicara pun maksud mereka sulit dipahami.

b.      Cara belajar siswa didik disleksia
  • Adanya komunikasi dan pemahaman yang sama mengenai anak disleksia antara orang tua dan guru
  • Anak duduk di barisan paling depan di kelas
  • Guru senantiasa mengawasi / mendampingi saat anak diberikan tugas, misalnya guru meminta dibuka halaman 15, pastikan anak tidak tertukar dengan membuka halaman lain, misalnya halaman 50
  • Guru dapat memberikan toleransi pada anak disleksia saat menyalin soal di papan tulis sehingga mereka mempunyai waktu lebih banyak untuk menyiapkan latihan (guru dapat memberikan soal dalam bentuk tertulis di kertas)
  • Anak disleksia yang sudah menunjukan usaha keras untuk berlatih dan belajar harus diberikan penghargaan yang sesuai dan proses belajarnya perlu diseling dengan waktu istirahat yang cukup.
  • Melatih anak menulis sambung sambil memperhatikan cara anak duduk dan memegang pensilnya. Tulisan sambung memudahkan murid membedakan antara huruf yang hampir sama. Guru dan orang tua perlu melakukan pendekatan yang berbeda ketika belajar matematika dengan anak disleksia, kebanyakan mereka lebih senang menggunakan sistem belajar yang praktikal.
  • Aspek emosi. Anak disleksia dapat menjadi sangat sensitif, terutama jika mereka merasa bahwa mereka berbeda dibanding teman-temannya dan mendapat perlakukan yang berbeda dari gurunya. Lebih buruk lagi jika prestasi akademis mereka menjadi demikian buruk akibat perbedaan yang dimilikinya tersebut. Kondisi ini akan membawa anak menjadi individu dengan self-esteem yang rendah dan tidak percaya diri. Jangan sekali-sekali membandingkan anak disleksia dengan temannya, atau dengan saudaranya yang tidak disleksia.

C.     Menulis
Terdapat banyak definisi tentang menulis. Lerner (1985:413) mengemukakan bahwa menulis adalah menuangkan ide ke dalam satu bentu visual. Soemarmo markam (1989: 7) menjelaskan bahwa menulis adalah mengungkapkan bahasa dalam bentuk simbol gambar. Menulis adalah suatu aktivitas kompleks, yang mencakup gerakan lengan, tangan, jari dan mata secara terintegrasi. Menulis juga terkait dengan pembahasan bahasa dan kemampuan berbicara. Tarigan (1986 : 21) mendefinisikan menulis sebagai melukiskan lambang-lambang grafis dari bahasa yang difahami oleh penulisnya maupun orang lain yang menggunakan bahasa yang sama dengan penulis tersebut. Menurut poteet seperti dikutip oleh Hargrove dan Poteet (1984:239) menulis merupakan penggambaran visual tentang pikiran, perasaan dan ide dengan mengunakan simbol – simbol sistem bahsa penulisannya untuk keperluan komunikasi atau catatan.
Dari definisi tentang menulis yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa :
a. Menulis merupakan salah satu komponen sistem komunikasi.
b. Menulis adalah menggambarkan pikiran, perasaan, dan ide ke dalam bentuk lambang – lambang bahasa grafis.
c. Menulis dilakukan untuk keperluan mencatat dan komunikasi.

a.       Kesulitan Belajar Menulis
Seperti telah dikemukakan, bahwa pelajaran menulis mencakup menulis dengan tangan atau menulis permulaan, mengeja, dan menulis ekspresif.

a. Menulis Dengan Tangan Atau Menulis Permulaan.
Menurut lerner (1985 :402) ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak untuk menulis, antara lain :
a) Motorik
b) Perilaku
c) Persepsi
d) Memori
e) Kemampuan melaksanakan cross modal
f) Penggunaan tangan yang dominan
g) Kemampuan memahami insting.
Anak yang perkembangan motoriknya belum matang akan mengalami kesulitan dalam menulis : tulisannya tidak jelas, terputus-putus, tidak mengikuti garis. Anak yang hiperaktif atau anak yang perhatiannya mudah teralihkan, dapat menyebabkan pekerjaannya terhambat termasuk pekerjaan menulis. Anak yang terganggu persepsinya dapat menimbulkan kesulitan dalam menulis. Jika persepsi visualnya terganggu, anak mungkin akan kesulitan untuk membedakan bentuk – bentuk huruf.yang hampir sama seperti \d\ dan \b\, \p\ dengan \q\, \h\ dengan \n\ atau \m\ dengan \w\.. jika persepsi auditori yang terganggu, mungkin anak akan mengalami kesulitan untuk menulis kata-kata ynag diucapkan oleh guru. Gangguan memori juga dapat dijadikan sebagai penyebab terjadinya kesulitan belajar menulis karena anak tidak mampu mengingat apa yang akan ditulis. Jika gangguan menyangkut ngatan visual, maka anak akan sulit untuk mengingat huruf atau kata, dan jika gangguan tersebut menyangkut memori auditori anak akan mengalami kesulitan menulis kata-kata yang baru diucapkan oleh guru.
Kesulitan belajar menulis sering disebut juga disgrafia. Disgrafia menunjukkan kepada ketidak ampuan mengingat cara membuat huruf atau simbol - simbol matematika. Kesulitan belajar menulis sering terkait dengan cara anak memegang pensil. Ada 4 macam cara anak memegang pensil yang dapat dijadikan sebagai petunjuk bahwa anak berkesulitan menulis, yaitu ; sudut pensil terlalu besar, sudut pensil terlalu kecil, menggenggam pensil dan menyangkutkan pensil ditangan atau menyeret.

b. Menulis Mengeja.
Mengeja adalah suatu bidang yang tidak memungkinkan adanya kratifitas atau berfikir defergen. Hanya ada satu pola susuan huruf – huruf untuk suatu kata yang dapat dianggap benar, tidak ada kompromi. Sekelompok huruf yang sama akan memiliki makna yang berbeda jika disusun secara berbeda. Kelompok huruf \b\, \i\, dan \u\ misalnya, dapat disusun menjadi ibu, ubi, bui dan iub; tiga susunan pertama mengandung makna yang berbeda sedang susunan terakhir tidak mengandung makna. oleh karena itu, mengeja pada hakekatnya memproduksi urutan huruf yang benar baik dalam bentuk ucapan atau tulisan dari suatu kata.
Menurut lerner (1979: 191), ada dua cara untuk mengajarkan mengeja , yaitu:
(1). Mengeja melalui pendekatan linguistik.
(2). Mengeja melalui pendekatan kata-kata. Pendekatan linguistik menekankan pada atura-aturan dalam bahasa sehingga harus memperhatikan fonologi, morfologi, sintaksis, atau pola-pola kata. Untuk mengajarkan “au” misalnya, guru dapat memberikan kata-kata seperti “kerbau”atau “pisau”. Mengeja melalui pendekatan kata-kata dilakukan karena huruf-huruf yang sama pada berbagai kata dapat berubah bunyi. Pendekatan ini sesui untuk bahasa inggris sedangkan untuk bahasa indonesia kurang diperlukan.dalam bahasa indonesia bunyi huruf relatif tetap dan karena itu pengajaran mengeja melalui pendekatan linguistik dirasakan lebih tepat.

c. Menulis ekspresif
Menulis ekspresif adalah mengungkapkan pikiran dan atau perasaan kedalam suatu bentuk tulisan, sehingga dapat difahami oleh orang lain yang sebahasa. Menulis ekspresif disebut juga mengarang atau komposisi.
Kesulitan menulis ekspresif mungkin yang terlalu banyak yang dialami baik oleh anak maupun ole
h orang dewasa. Agar dapat menulis ekspresi seseorang harus terlebih dulu memiliki kemampuan berbahasa ujaran, membaca, mengeja, menulis dengan jelas, dan memahami berbagai aturan yang berlaku bagi suatu jenis penulisan.

D. Kesulitan Berbicara
Berbicara adalah keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa konsep dasar berbicara harus dipahami oleh pengajar sebelum mengajarkan berbicara kepada siswanya. Terdapat lima konsep, yakni: penyimak, pembicaraan, media, sarana, dan pembicara (Iskandarwassid, 2008).
a.      Strategi  Pembelajaran Keterampilan Berbicara
Strategi kompetensi disebut juga dengan strategi komunikasi ataucommunication strategies(Thornburry, 2006: 29).
Ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan dalam strategi komunikasi yakni:
  • Menggunakan kata-kata yang banyak/tidak langsung (tidak to the point)
  • Pembentukan kata baru (pilihan kata yang baru)
  • Mengubah kata-kata baru agar lebih dikenal (penyerapan kata asing), contoh: karpet.
  • Menggunakan kata yang saling berhubungan atau kata-kata alternatif (Menyederhanakan kata-kata yang masih khusus). Contoh: meja kerja
  • Menggunakan kata-kata yang umum atau sudah dikenal.
  • Menggunakan ekspresi atau alih kode, contoh:menggunakan bahasa jawa karma pada orang yang lebih tua.
  • Menggunakan gerak tubuh atau mimik untuk meyakinkan maksud yang kita inginkan.
Terdapat beberapa aktivitas yang mempermudah seorang siswa untuk belajar keterampilan berbicara, seperti mengubah topik, merespon atau menolak atau dapat dikenal dengan Awareness-Raising Activities. untuk itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan yakni:
1)   Attention (memperhatikan)
2)  Noticing ( mengenali)
3) Understanding (memahami)
Strategi pembelajaran berbicara merujuk pada prinsip stimulus- respons, yakni memberi dan menerima informasi. Rancangan program pengajaran untuk mengembangkan keterampilan berbicara antara lain:
a)  Aktivitas mengembangkan keterampilan bicara secara umum
b)  Aktifitas mengembangkan bicara secara khusus untuk membentuk model diksi da ucapan, dan mengurangi penggunaan bahas nonstandard
c)  Aktifitas mengatasi masalah yang meminta perhatian khusus:
  • Peserta didik menggunakan bahasa ibunya sangat dominan
  • peserta didik yang mengalami problema kejiwaan, pemalu dan tertutup
  • Peserta didik yang menderita hambatan jasmani yang berhubungan dengan alat-alat bicaranya.
Program pengajaran keterampilan berbicara harus mampu memberikan kesempatan kepada setiap individu mempunyai tujuan yang dicita-citakan. Tujuannya, meliputi:
1)      Kemudahan berbicara
2)     Kejelasan
3)     Bertanggung jawab
4)     Membentuk pendengaran yang kritis
5)     Membentuk kebiasaan
Pemilihan strategi atau gabungan metode dan teknik pembelajaran terutama didasarkan pada tujuan dan materi yang telah ditetapkan pada satuan-satuan kegiatan belajar. Dalam hal tersebut keterlibatan intelektual peserta didik dapat dilatihkan dalam kegiatan antara lain: bermain peran, berbagai bentuk diskusi, wawancara, bercerita, pidato, laporan lisan, membaca nyaring, merekam bicara, bermaian drama.
b.      Teknik-teknik Pembelajaran Keterampilan Berbicara
1)   Berbicara terpimpin
  • Frase dan kalimat
  • Satuan paragraph
  • Dialog
  • Pembacaan puisi
2)  Berbicara semi terpimpin
  • Reproduksi cerita
  • Cerita berantai
  • Menyusun kalimat dalam pembicaraan
  • Melaporkan isi bacaan secara lisan
3)  Berbicara bebas
  • Diskusi
  • Drama
  • Wawancara
  • Berpidato
  • Bermain peran
Berdasarkan tingkatatan berbicara, teknik pembelajaran untuk
  • tingkat pemula dapat digunakan:
Ulang ucap, lihat ucap, permainan kartu kata, wawancara, permainan memori, reka cerita gambar, biografi, manajemen kelas, bermain peran, permainan telepon, dan permainan alfabet.
  • Tingkat menengah
Dramatisasi, elaborasi, reka derita gambar, biografi, permainan memori, wawancara, permainan kartu kata, diskusi, permainan telepon, percakapan satu pihak, pidato pendek, parafrase, melanjutkan cerita, permainan alfabet.
  • Tingkat yang paling tinggi
Dramatisasi, elaborasi, reka cerita gambar, biografi, permainan memori, diskusi, wawancara, pidato, melanjutkan cerita, talk show, parafrase, dan debat.
D.    Menyimak
Menyimak dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan yang amat fungsional dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan keterampilan menyimak dan berbicara kita dapat memperoleh dan menyampaikan informasi. Kegiatan menyimak dan berbicara tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, siswa dituntut untuk mampu menyimak dan berbicara dengan baik.
Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang pertama kali dikuasai oleh manusia sebelum menguasai keterampilan berbicara, membaca, dan menulis. Ahli perkembangan anak menyatakan bahwa ketika anak baru lahir, komunikasi pertama yang dikuasainya adalah mendengarkan. Anak mendengar ibunya mendendangkan lagu, mendengar ibunya menimang-nimangnya, juga mendengar ibunya berbicara dengan ayahnya atau dengan orang lain. Setelah itu anak mulai menirukan ucapan - ucapan yang biasa diucapkan orang dewasa di sekitarnya.
Tujuan pembelajaran menyimak ialah memperkaya kosakata anak sehingga membantu siswa ketika belajar membaca dan menulis. Ada juga beranggapan bahwa “mendengar” atau “menyimak” adalah suatu yang bersifat refleksif seperti hanya dengan “bernafas”. Jadi menyimak adalah sesuatu yang sudah dengan sendirinya berjalan, bergerak, dan tidak perlu diajarkan. Namun dipihak lain, juga mengemukakan pendapat, menyimak perlu diajarkan karena tanpa kemampuan menyimak tidak akan mungkin di peroleh keterampilan yang lain. Menyimak pada dasarnya adalah keterampilan dasar yang mendasari keterampilan yang lain (membaca, menulis, berbicara).




a.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Menyimak
Langkah-langkah dalam pelajaran menyimak sebagai berikut :
1.         Menentukan makna
Hal ini penting karena tanpa adanya penjelasan guru, mungkin siswa tidak akan menangkap dan memahami apa yang didengarnya.
2.         Memperagakan ekspresi
Setelah guru menentukan makna, maka diulang beberapa kali. Pertama guru berada di depan kelas, dan selanjutnya bergerak ke kiri dan ke kanan agar semua siswa dapat melihatnya.
3.         Menyuruh mengulangi
       Siswa menirukan apa yang disebutkan oleh guru sambil melakukan suatu gerak atau menunjuk suatu gambar.

4.         Memberikan latihan ekstensif
       Guru dapat menggunakan berbagai cara misalnya, dengan drill (mengulangi kata dan ekspresi yang telah diajarkan dalam situasi yang terbatas, dan dengan kata serta struktur yang terbatas).
b.      Strategi Pembelajaran Menyimak
     Ada beberapa strategi pembelajaran yang menjadi alternatif pilihan guru untuk mengajarkan menyimak, yaitu :
1.         Strategi Pertanyaan dan Jawaban (PJ).
       Strategi ini merupakan strategi yang paling sederhana dalam KBM menyimak. Tahap-tahapan kegiatannya adalah :
1)        Guru mengemukakan judul bahan simakan.
2)        Guru mengajukan pertanyaan berkenaan dengan isi simakan yang akan dibicarakan.
3)        Guru membacakan materi simakan. Pembacaan dapat dilakukan perbagian dengan diselingi pertanyaan atau dibacakan secara keseluruhan secara langsung.
4)        Setelah materi simakan selesai dibacakan guru memberi kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
5)      Guru mengadakan tanya-jawab dengan siswa.
6)      Siswa mengemukakan kembali informasi yang telah diperoleh, (bisa secara tertulis atau lisan).
2.         Strategi Kegiatan Menyimak Secara Langsung/KML atau DLA (Direct Listening Activities)
Tahapan-tahapan kegiatannya, adalah:
1)        Guru mengemukakan tujuan pembelajaran, membacakan judul teks simakan, bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan judul bahan simakan sebagai upaya untuk pembangkitan skemata siswa. Selanjutnya guru mengemukakan hal-hal pokok yang perlu dipahami siswa dalam menyimak.
2)        Guru meminta siswa mendengarkan materi simakan yang dibacakan oleh guru.
3)        Guru melakukan tanya jawab tentang isi simakan. Pertanyaan tidak selalu harus diikat oleh pertanyaan yang terdapat dalam buku. Guru hendaknya menambahkan pertanyaan yang dikaitkan dengan konteks kehidupan siswa atau masalah lain yang aktual.
4)        Guru memberikan latihan/tugas/kegiatan lain yang berfungsi untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam menyimak.
3.         Strategi Menyimak dan Berpikir Langsung/MBL atau DLTA (Direct Listening Thinking Activities)















BAB III
PEMBAHASAN
A .      Penyusunan Penelitian
Tema               : Siswa kelas V SD N 1 Batutegi yang kesulitan dalam belajar membaca, menulis,     berbicara dan menyimak.
Tujuan             :
ü  Mengamati perilaku siswa kelas VbSD N 1 Batutegi yang kesulitan dalam belajar membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
ü  Mengetahui perilaku siswa ketika belajar di Sekolah dan mengalami kesulitan dalam belajar membaca, menulis, berbicara dan menyimak.

Target Person  : Siswa kelas Vb SD N 1 Batutegi yang mengalami kesulitan dalam belajar  membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
Waktu                         :  Pagi Hari di Sekolah ketika proses belajar mengajar berlangsung.












IDENTITAS NARASUMBER
1.      Anak Berkesulitan Belajar Membaca
  • Foto2758.jpgIdentitas Anak
Nama                                 : Anggi Heriyanti
Tempat, Tanggal Lahir      : Sigerning, 04 Agustus 2002
Jenis Kelamin                    : Perempuan
Agama                               : Islam
Alamat                              : Sigerning Kelurahan Sinar Sikampung, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.
Kelas                                 : Vb              
Sekolah                             : SDN 1 Batutegi
  • Identitas Orang Tua
Nama
  1. Ayah   : Edi Heriyanto  
  2. Ibu       : Novita Endarwati
Pekerjaan
  1. Ayah   : Petani
  2. Ibu       : Ibu rumah tangga
Alamat         : Sigerning Kelurahan Sinar Sikampung, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.





2.Anak Berkesulitan Belajar Menulis
  • Foto2756.jpgIdentitas Anak
Nama                                 : Nurinsani
Tempat, Tanggal Lahir      : Sigerning, 21 Juni 2002
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Agama                               : Islam
Alamat                              : Sigerning Kelurahan Sinar Sikampung, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.
Kelas                                 : Vb              
Sekolah                             : SDN 1 Batutegi
  • Identitas Orang Tua
Nama
1.      Ayah   : Supian
2.      Ibu       : Kuniah
Pekerjaan
  • Ayah   : Petani
  • Ibu       : Ibu rumah tangga
Alamat         : Sigerning Kelurahan Sinar Sikampung, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.








Anak Berkesulitan Belajar Berbicara
  • Foto2757.jpgIdentitas Anak
Nama                                 : Fatma Intan Yunita Sari
Tempat, Tanggal Lahir      : Sinar Maju 14 Agustus 2002
Jenis Kelamin                    : Perempuan
Agama                               : Islam
Alamat                              : Sinar Maju Kelurahan Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.
Kelas                                 : Vb              
Sekolah                             : SDN 1 Batutegi
  • Identitas Orang Tua
Nama
  • Ayah   : Sutomo
  • Ibu       : Suparmi
Pekerjaan
  • Ayah   : Petani
  • Ibu       : Ibu rumah tangga
Alamat         : Sinar Maju Kelurahan Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus,     Lampung.









Foto2759.jpgAnak Berkesulitan BelajarMenyimak
  • Identitas Anak
Nama                                 : Dwi Angga Setiawan
Tempat, Tanggal Lahir      : Talang Padang 05 Oktober 2003
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Agama                               : Islam
Alamat                              : Tambah Rejo Kelurahan Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.
Kelas                                 : Vb              
Sekolah                             : SDN 1 Batutegi
  • Identitas Orang Tua
Nama
Ayah         : Sadikun
Ibu             :Susilawati
Pekerjaan
  • Ayah   : Petani
  • Ibu       : Ibu rumah tangga
Alamat         : Tambah Rejo Kelurahan Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.





IDENTIFIKASI MASALAH
v  Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD N 1 Batutegi

1. Siswa di SD N 1 Batutegi kelas Vb ada beberapa anak yang tidak konsentrasi pada saat
pembelajaran berlansung, pada saat pembelajaran berlansung siswa terlalu hiperaktif sehingga ada yang bermain dan berbicara mengakibatkan konsentrasi belajar menjadi tidak stabil atau
tidak optimal .

2.  Di SDN 1 Batutegi ada siswa yang belum bisa menulis, membaca, dan berbicara dengan baik dan benar, seperti ketika membaca buku-buku cerita dan buku-buku bacaan yang tulisannya masih sederhana masih banyak siswa yang belum bisa menulisnya dengan baik dan rapih, tulisan yang ditulis oleh beb
erapa anak di SD N 1 Batutegi masih belum rapih, dan masih menulis semaunya, belum bias menempatkan dimana harus menggunakan huruf kapital dan menggunakan tanda baca yang benar serta sesuai. Dan ketika membacanya,anak-anak yang belum mampu untuk membaca dengan baik dan benar sesuai dengan EYD, intonasi yang digunakan pun belum sesuai. Dan ketika di suruh memperkenalkan diri dan menyebutkan sesuatu
dengan menggunakan bahasa Indonesia banyak anak yang masih kaku atau masih kurang dalam penggunaan bahasa Indonesianya .

3. Di SDN 1 Batutegi kelas Vb
ada anak yang terlihat kurang minatnya dalam belajar menyimak, kemudian ada beberapa siswa di kelas Vb yang kurang minat dalam belajar membaca, menulis, berbicara.
Proses kegiatan belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia ada beberapa siswa yang kurang minatnya dalam belajar sehingga hal ini menyebabkan proses pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

4. Di SDN 1 Batutegi kelas Vb banyak yang belum lancar dalam menggunakan atau berbicara menggunakan bahasa Indonesia walaupun guru sudah melakukan dan menggunakan berbagai strategi, akan tetapi banyak siswa yang belum lancar menggunakan bahasa Indonesia. Pada saat belajar atau diberi tugas oleh gurunya saja mereka menggunakan bahasa Indonesia, mereka tidak menerapkan nya diluar jam pelajaran. Dan bahkan didalam kelas pun mereka masih kerap berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah, bukan bahasa Indonesia. Hal ini lah yang menyebabkan banyak siswa yang masih kaku dalam mengguakan bahasa Indonesia .

5. Kurangnya motivasi beberapa siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas Vb ini menyebabkan proses belajar mengajar tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran .

v  Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Vb SDN 1 Batutegi

1. Solusi dalam permasalahan pertama ini mengenai ketidak konsentrasian anak dalam belajar bahasa Indonesia di SDN 1 Batutegi.Guru memperhatikan semua siswa, kalau ada yang tidak konsentrasi kelihatannya dalam belajar terutama pada pelajaran bahasa Indonesia guru memberikan teguran dan peringatan, misalnya : ada seorang siswa yang kerjaannya hanya bermain,bengong, berbicara,tidak memperhatikan guru saat pelajaran berlansung, agar hal ini tidak menggangu konsentrasi siswa yang lain.

2. Solusi mengenai banyaknya siswa kelas Vb SDN 1 Batutegi yang belum bisa membaca, menulis, berbicara.Setelah melakukan interview cara mengatasi permasalahan di atas guru memberikan buku-buku pelajaran, guru juga memberitahukan siswa dimana letak
kesalahan dalam penulisannya. Guru juga memberikan tugas menulis dan membaca agar siswa bisa melatih diri tidak hanya di skolah saja, tapi siswa juga bisa belajar di rumah karena kalau tidak diberikan tugas seperti ini siswa tidak akan mau belajar, terlebih-lebih anak seusia ini (SD).

3. Solusi permasalahan ke-tiga yang diberikan oleh guru setelah saya melakukan interview, guru menyediakan atau menggunakan bahan ajar yang dianggap menarik minat siswa untuk membaca, menulis dan berbicara.

4. Dalam permasalahan ke-empat ini ,guru menyuruh siswa untuk bercerita didepan kelas tentang dongeng atau cerita yang sudah dibacanya, dan guru menyuruh siswa untuk menceritakan tentang cita-cita nya dan sebagainya.Dalam hal ini disamping melatih siswa untuk berbicara juga melatih siswa untuk membaca.

5. Dalam permasalahn ke-lima ini, guru memberikan motivasi siswa agar dapat berperilaku
aktif dalam belajar . Guru membuat siswa senyaman mungkin, ketika guru memberikan materi pelajaran atau pertanyaan kepada siswa jangan sekali-kali mengatakan SALAH jika siswa meakukan kesalahan atau menjawab salah. Guru cukup mengatakan “ jawabannya kurang tepat ” atau kata-kata yang lainnya” agar tidak melemahkan keinginan dan semangat siswa untuk menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru. Sehingga siswa dapat menggali lagi pengetahuan mereka sampai mereka bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

v   Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Belum diterapkan disini Menurut Saya Adalah Sebagai Berikut :
1) Dalam meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar bahasa Indonesia guru mengadakan atau menggunakan suatu media untuk membuta anak fokus dalam belajar, dan media yang hendak digunakan guru disini adalah media gambar, tapi media yang digunakan itu tidak keluar dari materi yang diajarkan .Dengan begitu konsentrasi anak akan tetap stabil, dan anak juga tidak akan bosanuntuk belajar bahasa Indonesia .

2) Pada permasalahan ke dua solusi yang tepat menurut saya adalah guru membimbing siswa yang dianggapnya masih belum bisa membaca dan menulis. Guru juga membuatkan kelompok atau menggunakan metode diskusi dengan teman-temannya, yaitu dengan cara membagi siswa yang belum bisa membaca dengan yang sudah bisa membaca,begitu juga dengan siswa yang belum bisa menulis.

3) Pada permasalahan ketiga ini solusi yang harus diterapkan guru adalah guru menggunakan suatu media dalam mejelaskan, misalnya pada saat guru akan menjelaskan bentuk gajah itu seperti apa maka guru memperlihatkan gambar gajah, atau ketika guru menceritakan suatu cerita guru membawakan buku bacaan tentang cerita itu. Denga hal ini siswa akan semangat dalam belajar bahasa Indonesia.

4) Dalam permasalahan ke empat ini guru menyuruh siswa untuk berdialog atau bercerita tentang apa saja dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan melatih siswa agar tidak kaku dalam menggunakan bahasa Indonesia.

5) Dalam permasalahan ke lima ini solusi menurut saya dengan guru memberikannya
hadiah, tepuk tangan, puji-pujian kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikanmaka siswa akan termotivasi untuk menjawab pertanyan yang akan diberikan tersebut. Ketika siswa bisa menjawb pertanyaan yang diberikan hendaknya guru memperlihatkan ekspresinya, dengan begitu siswa akan termotivasi dalam menjawab pertanyaan yang diberikan tersebut .
BAB III
KESIMPULAN


















DAFTAR PSTAKA
Abdulrahman Mulyono, (1999),Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gorys, Keraf, (1991), Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.
Iskandarwassid, Sunendar Dadang, (2009), Strategi Pembelaaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.























1 komentar: