Rabu, 22 Maret 2017

Teori dan Sejarah Sastra

MAKALAH
TEORI DAN SEJARAH SASTRA
“HIKAYAT MERONG MAHAWANGSA”


Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah teori dan sejarah sastra
Dengan Dosen Pengampu : Veria Septianingtias,S.S.


KELOMP0K 6
1.      ANA WAHYU KUSNIATI (14040004)
2.      RISKI AULIA PUTRI         (14040013)
PRODI     : BAHASA INDONESIA
preview_html_m75a3248b
 










SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2014



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
            Segala puji bagi allah yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktu yang ditentukan. Tanpa pertolongan- Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Tidak lupa Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Junjungan Kita Nabi Agung Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliah ke zaman yang terang benderang ini.
Makalah ini memuat materi tentang “Metode Pengajaran Puisi dan Drama” penyusun menyadari bahwasanya makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan memerlukan perbaikan tetapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.

Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada dosen peengampu yang telah membantu kami dalam mengerjakan makalah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang juga sudah memberi konstribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun,guna terciptanya makalah yang lebih baik di masa yang akan datang. Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.


Pringsewu,      November 2014
Penyusun



Kelompok VI




HALAMAN JUDUL..................................................................................   i
KATA PENGANTAR................................................................................   ii
DAFTAR ISI...............................................................................................   iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ..........................................................................   1
B.     Rumusan Masalah......................................................................   1
C.     Tujuan........................................................................................   2

BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian  Kalimat....................................................................   3
B.     Unsur-Unsur Kalimat.................................................................   3
C.     Pola Kalimat Dasar....................................................................   4
D.    Jenis-Jenis Kalimat.....................................................................   5
E.     Kalimat Efektif..........................................................................   10
F.      Penggunaan Kata Yang Salah Dalam Kamimat........................   11

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ...............................................................................   13

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Hikayat Merong Mahawangsa (HMM), yang menerangkan asal usul raja-raja Kedah berdasarkan mitos dan lagenda, menjadi ahli genre sastera sejarah tradisional Melayu. Hampir setiap kerajaan Melayu zaman silam mempunyai hasil sastera sejarahnya sendiri yang menerangkan asal usul raja-rajanya, asal usul negeri, perkembangan sejarahnya dari awal hingga ke akhir berdasarkan konsep sejarah yang dipegang oleh masyarakat Melayu tradisional. Hasil sastera sejarah itu dipegang oleh kerajaan berkenaan sebagai suatu dokumen yang sah bagi mengabsahan hak dan kuasa raja ke atas negerinya.
Oleh yang demikian, dalam perbendaharaan kesusasteraan Melayu tradisional, terdapatlah berbagai hasil sejarah, dari pada yang paling terkenal kepada karya yang jarang-jarang diketahui, malah oleh orang Melayu sendiri. Bersama-sama dengan HMM dalam keluarga sastera sejarah ini terdapatlah Hikayat Raja Pasai, Hikayat Acheh, Hikayat Palembang, Sejarah Raja-Raja Riau, Hikayat Bangkahulu, Sulalat al-Salatin (Sejarah Melayu), Hikayat Johor, Hikayat Seri Kelantan, Hikayat Pahang, Hikayat Patani, Misa Melayu, Asal Usul Raja Sambas, Hikayat Banjar, Hikayat Kotawaringin, Salsilah Kutai, Hikayat Siak dan berbagai-bagai lagi.Dalam sejarah perkembangan negeri-negeri di Nusantara, pengabsahan kuasa raja menjadi isu yang dipersoalkan dan disanhsikan apabila muncul orang Barat. Persolan itu sama ada ditimbulkan oleh kuasa Barat sendiri mahupun oleh negeri-negeri lain yang menjadi jiran. Ini adalah sebahagian dari pada taktik Barat memecahkan negeri-negeri Melayu dari pada bersekutu menentang kemaraannya.
Jelas dari sudut penciptaannya, salah satu dari sebab mengapa HMM dikarang ialah untuk digunakan sebagai dokumen pengabsahan kuasa raja Kedah ke atas negerinya dan kawasan-kawasan jajahannya. Hikayat ini juga berguna dalam menepis dakwaan Siam bahwa raja Kedah tidak berhak menyerahkan Pulau Pinang kepada Inggeris pada tahun 1786. Oleh itu, seperti hasil-hasil sastera sejarah Melayu tradisional yang lain, HMM adalah penggemblengan unsur-unsur realiti dan mitos yang digunakan untuk menegakkan kedaulatan raja-raja Kedah dan keturunanya.



1.2 RUMUSAN MASALAH
Beberapa Rumusan masalah yang dapat dikaji dari uraian diatas antara lain:
1.      Bagaimana cerita Hikayat Merong Mahawangsa?
2.      Apa unsur pensejarahan melayu tradisional dan Hikayat Merong Mahawangsa ?
3.      Usur-unsur apa sajakah yang terkandung dalamHikayat Merong Mahawangsa?

1.3 TUJUAN
1. Untuk mengetahui cerita Hikayat Merong Mahawangsa.
2. Untuk mengetahui unsur pesejarahan melayu tradisional dan Hikayat Merong Mahawangsa.
3. Untuk mengetahui unsur-unsur yang terkandung dalam Hikayat Merong Mahawangsa.


BAB II
PEMBAHASAN
A.     Beberapa unsur Pensejarahan Melayu Tradisional Dalam Hiayat Merong Mahawangsa

Pengarang karya sastera sejarah tradisional menggunakan berbagai-bagai unsur mitos dan lagenda untuk dijadikan sebagai bukti subjektif dalam penulisannya. Bila hikayat itu menceritakan tentang sesuatu yang lebih dekat dengan zaman kini, barulah bukti objektif seperti unsur realiti dan sejarah sebenar dipakai.
Dalam HMM kita bertemu dengan berbagai-bagai unsur mitos yang berasal dari pada pengaruh Hindu dan juga setempat. Pengaruh-pengaruh yang berbeza juga dipertentangkan supaya ternampak yang satu lebih mengatasi yang lain. Burung geroda, binatang mitis hindu kenderaan Visynu dipertentangkan dengan kuasa Allah menerusi Nabi Allah Sulaiman. Unsur mitos Hindu dan animisme seperti gajah sakti, anak raja yang ditemui dalam buluh betung dan dalam sungai, mitos asal usul tempat dan lain-lain semuanya dikemukakan dengan cara yang teratur dan bertujuan memberikan asal usul raja Kedah gambaran yang agung dan gemilang.
Cerita-cerita di sekitar Raja Bersiung adalah contoh penggemblengan unsur mitos Hindu dan unsur perlambangan untuk memberikan asal usul raja-raja Kedah suatu pewarnaan keagungan dan kehebatan.
Penggemblengan unsur realiti dan mitos tergambar dalam gaya pengarang menceritakan bagaimana terjalinnya perhubungan antara Kedah dengan Siam. Dengan cara yang menarik, pengarang tidak menafikan bahawa Siam mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari Kedah dan mengaku Kedah menghantar bunga mas dan perak kepada Siam. Tetapi pujangga istana Kedah menjelaskan peristiwa-peristiwa ini berlaku dengan pendekatannya yang tersendiri tanpa menjejaskan kedaulatan negeri Kedah.
Telah dijelaskan dari awal bahawa perhubungan antara negeri Kedah dengan Siam adalah berasaskan ikatan kekeluargaan antara adinda bongsu dengan kekanda sulung. Dengan mudah dapat diterima mengapa permaisuri Raja Bersiong dan menteri keempat meminta bantuan dari Siam bila menghadapi masalah mencari orang yang sesuai untuk dijadikan raja, menggantikan Raja Bersiong.

Pengarang tidak mengatakan Raja Siam terus membantu tetapi Raja Siam berunding dengan ahli nujum dan meminta pihak ketiga, iaitu gajah sakti, untuk menyelesaikan masalah itu. Dengan menggunakan unsur-unsur yang wujud dalam sistem kepercayaan masyarakat, pengarang menyatakan tugasnya sebagai pujangga istana yang bertanggung jawab.

Keunggulan HMM makin terarah dalam pengisahan kedatangan islam ke negeri Kedah da
Proses penyesuain dai amalan menyembah berhala kepada bertaqwa kepada Allah Subhanallah
Wa Taalla walaupun ia menceritakan peristiwa  yang sama yang disebut dalam banyak karya
Sastra punjanga istana Kedah menceritakan dengan gaya yang breed

Merong Mahawangsa dikatakan tidak mula belayar dari Rom kerana pada hemat ahli sejarawan baginda mesti perlu menuruni Afrika Selatan dahulu lalu melalui Tanjung HarapanAfrika Selatan. Perjalanan ini adalah terlau jauh dan tidak sesuai untuk kapal Rom. Oleh itu pelayaran sebenar adalah melalui Teluk Parsi. Maka segelintir sejarawan melihat barangkali baginda bukan dari Rom. Dalam pandangan lain, baginda mungkin mengakui dari Rom tetapi Alexander the Great (Iskandar Zulkurnain) berasal dari Mercedonia Greek. Pelayaran untuk mewujudkan hubungunan diplomatik dengan China melalui laut merupakan era baru dan alternatif sebab selama ini hubungan darat telah ada melalui Laluan Sutera.
Dalam pelayarannya ke China, baginda telah diserang oleh Garuda. Garuda ini dalam hikayat sebagai burung raksasa. Burung ini dikatakan telah mengadap Nabi Allah Sulaiman (sebagai Kerajaan Dunia) untuk memohon kebenaran menyerang. Kisah ini kemudian dari era Nabi Sulaiman oleh itu ia hanya tambahan pencerita. Terdapat pandangan menganggap Garuda adalah burung tunggangan Dewa Visnu dalam agama Hindu. Oleh itu ini hanya simbol penentangan Kerajaan Hindu yang tidak mahu Parsi berbaik dengan China kerana India mahu Asia Tenggara berada di bawah pengaruhnya. Oleh itu, tentera laut benua India atau Sri Lanka telah menyerang Merong Mahawangsa. Baginda Merong singgah di wilayah Lembah Bujang, Langkasuka, KedahTua bagi membuka penempatan baru. Merong Mahawangsa ialah seorang Raja beragama Hindu bukan beragama Roman, ini menguatkan lagi baginda tidak datang dari Rom. Lembah Bujang mungkin didiami oleh Sami Hindu yang tidak berkahwin seperti Bramacahri. Kerana itu kawasan itu dipanggil Lembah Bujang.
Beberapa Kajian Tentang Hikayat Merong Mahawangsa
1. Pandangan Negatif                                                                 
HMM dikenal luas oleh para pengkaji dari Eropa dan selanjutnya menjadi obyek penelitian ilmiah setelah beberapa bagiannya diterjemahkan oleh James Low dan diterbitkan dalam JIAEA, Jilid 3, pada tahun 1849. James Low sendiri terkesan dengan karya ini sehingga dia sendiri mengembara di negeri Kedah untuk mencari tempat-tempat yang disebutkan di dalam karya ini: “... I am happy to add that my observations have verified pretty closely our author’s accounts of localities, and not only in the above instance, but in those which he brings forward in the subsequent parts of his work” (Salleh, 1998).
Beberapa pengkaji dari Eropa memandang rendah terhadap karya ini berdasarkan penilaian dan pandangan yang sempit. Segala unsur persamaan dengan karya-karya lain seperti Hikayat Raja Pasai, Hikayat Aceh, Sulalat-us-Salatin, dan sebagainya, dianggap sebagai peniruan (Salleh, 1998). Penilaian negatif dari para pengkaji Eropa mulai muncul pada tahun 1856, ketika John Crawfurd  menanggapi penilaian tinggi yang diberikan oleh James Low dengan pernyataan negatif: “My friend, Colonel James Low, translated a Malay manuscript, entitels ‘Annals of Queda’, but his production is a dateless tissue of rank fable, from which not a grain of reliable knowledge can be gathered” (Salleh, 1998).
Winstedt merujuk pada HMM ketika membicarakan tentang sejarah negeri Kedah meskipun pandangannya negatif. Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan pada tahun 1920, Winstedt menyatakan bahwa cerita tentang Raja Bersiung dalam HMM menunjukkan bahwa leluhur dinasti Melayu di Kedah bukan orang Melayu (Salleh, 1998). Pada tahun 1938, Winstedt menerbitkan sebuah tulisan lagi yang menafikan pandangan positif para pengkaji dari Barat yang lain dengan mengungkapkan lima hasil analisis, yaitu:
1.  Cerita tentang Raja Buluh Betung adalah mitos setempat
2.  Kisah Raja Bersiung berasal dari mitos India
3.  Pengembaraan Syeh Abdullah dengan penghulu setan ditulis oleh seorang pengarang Jawa [sic]
4.  Adanya penyebutan tentang Seri Rama dan Hanuman merupakan pengaruh dari wayang kulit Siam
5.  Penyebutan tentang Nabi Allah Sulaiman adalah hasil dari pengaruh Islam (Salleh, 1998)
Pandangan Winstedt terhadap HMM tidak pernah berubah. Dalam sebuah tulisan yang terbit dalam JRASMB pada tahun 1940, dan diterbitkan ulang dalam JRSAMB pada tahun 1958 serta sebagai sebuah buku oleh Oxford University Press pada tahun 1966, Winstedt menyatakan bahwa jika saja HMM tidak mencantumkan silsilah penguasa Kedah, maka karya ini tidak akan pernah disebut sebagai “Kedah Annals” atau diterima sebagai karya sejarah yang serius” (Fang, 1975:226, Salleh, 1998). Pada tahun 1961, Winstedt mengulangi lagi pandangan negatifnya: “The work is full of omissions, gross anachronism and errors” (Salleh, 1998).
J.C. Bottoms, dalam sebuah makalah berjudul “Malay Historical Works”, kemungkinan besar juga merujuk HMM ketika menyatakan bahwa sejarah bagi orang Melayu bukan merupakan ilmu atau seni, melainkan hiburan (Salleh, 1998). Pada tahun 1963, C. Hooykas menyatakan dalam Perintis Sastra bahwa HMM bukan merupakan sebuah sumber sejarah melainkan kumpulan cerita yang aneh-aneh (Salleh, 1998).
2. Pandangan Positif
Para ilmuwan modern, baik dari Barat maupun kalangan Melayu sendiri, dalam tahun-tahun belakangan telah mengambil posisi yang lebih adil dalam memandang HMM. Walaupun demikian, ada juga ilmuwan Barat yang memandang positif terhadap karya ini. Selain James Low, ilmuwan lain yang memberikan pandangan positif kepada karya ini adalah C.O. Blagden (1899) dan van Ronkel (1909).
C.O. Blagden (1899) menyebutkan adanya dua naskah HMM yang berlainan dalam koleksi manuskrip Melayu W. Maxwell dalam sebuah makalah yang tersiar dalam JRAS. Selain itu, Blagden juga menumpukan perhatian kepada tokoh Raja Bersiung. Dia menggunakan sumber-sumber dari sastra India dan cerita-cerita Jataka untuk membuktikan bahwa tokoh ini adalah tokoh saduran (Blagden dalam Salleh, 1998). Sementara itu, van Ronkel menyediakan katalog manuskrip dalam koleksi Bataviaasch Genootschap di Batavia, yaitu versi yang dikenal sebagai Sjadjarah Negeri Kedah (Salleh, 1998).
Pada tahun 1940, H.G.Q. Wales, seorang ahli arkeologi, melakukan penyelidikan atas beberapa tempat di negeri Kedah dan menyimpulkan bahwa tinggalan-tinggalan arkeologis yang dikemukakan oleh James Low jauh lebih tua tarikhnya daripada yang disebutkan dalam HMM. Namun, tentang tokoh Raja Merong Mahawangsa sendiri, Wales masih sepakat dengan Winstedt: “... evidently merely a legendary adventure (possibly a memory of the Maharaja, King of the Mountain), from whom the Kedah kings are supposed ultimately to have derived their origin” (Salleh, 1998).
Pada tahun 1964-1966, Siti Hawa Haji Salleh menyelesaikan sebuah tesis sarjana sastra berjudul “Hikayat Merong Mahawangsa: Sebuah Kajian Kritikan Teks” di Jabatan Pengajian Melayu, Universiti Malaya, dengan menggunakan pendekatan filologi. Hasil kajian ini diterbitkan pada tahun 1970 dan 1991 oleh Penerbit Universiti Malaya. Kajian ini menggunakan perpaduan dari beberapa versi HMM yang telah ada, yaitu versi Wilkinson, versi Sturrock dan Ms. Maxwell 21. Dalam bagian pendahuluannya, Salleh mempertahankan kedudukan karya ini sebagai sebuah karya kesejarahan Melayu yang dihasilkan berdasarkan ciri-ciri penulisan sejarah Melayu tradisional yang tertentu. Salleh juga membuktikan kesimpulan-kesimpulan Winstedt yang salah. Untuk pertama kali, penerbitan teks hikayat ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (Salleh, 1998).
Pada tahun 1985, H.M.J. Maier dengan menggunakan pendekatan Foucault menumpukan perhatian kepada lapisan-lapisan interpretasi teks, bagaimana sebuah teks dibangun atas dasar lapisan-lapisan dan unsur-unsur budaya yang mempengaruhi pengarang ketika menulis. Tanpa menyentuh teks secara langsung, Maier membicarakan tentang perkembangan sosial, politik dan ekonomi yang sezaman dengan zaman penciptaan HMM (Salleh, 1998).
Penerbitan hasil kajian Maier menimbulkan reaksi di kalangan para sarjana kesusastraan Melayu tradisional, khususnya di kalangan pendukung ilmu filologi konvensional. Umar Junus menjadi penghubung antara kajian yang dihasilkan oleh Maier dengan peminat kesusastraan di Malaysia termasuk ahli-ahli filologi Melayu. Hasilnya adalah sebuah makalah yang berjudul “Henk Maier dan Hikayat Merong Mahawangsa” (Salleh, 1998).
Ringkasan  Cerita Hikayat Merong Mahawangsa
Angkatan Raja Merong Mahawangsa yang sedang belayar dari Rom ke negeri China telah diserang oleh geroda. Ia membuka negeri Langkasuka dan diangkat menjadi raja. Ia pulang ke Rom setelah menabalkan puteranya Raja Merong Mahapudisat menjadi raja. Langkasuka yang kemudian lebih dikenalisebagai negeri Kedah Zamin Turan.
Berpandukan nasihat yang diberikan oleh ayahandanya, Raja Merong Mahapudisat merajakan putera sulungnya menjadi Raja Siam, putera tengah sebagai Raja Perak dan anakandanya yang ketiga, seorang puteri, sebagai Raja Patani. Putera yang bungsu menggantikan ayahanda mereka sebagai Raja Kedah dengan gelaran Raja Seri Mahawangsa. Raja inilah yang memulakan tradisi menghantar persembahan bunga Mas dan bunga perak sebagai hadiah kepada kekandanya, Raja Siam, setiap kali kekandanya mendapat putera.
Raja Seri Mahawangsa mangkat setelah kecewa dengan puteranya yang tidak menurut perintah dan digantikan oleh putera itu dengan gelaran Raja Seri Maha Inderawangsa. Seterusnya putera Raja Seri Maha Inderawangsa menjadi raja dengan gelaran Raja Ong Maha Perita Deria yang lebih terkenal dalam sejarah negeri Kedah sebagai Raja Bersiong. Apabila Raja Bersiong turun dari takhta setelah ditentang kerana kezalimannya, puteranya dibatalkan sebagai Raja Phra Ong Mahapudisat. Raja ini digantikan oleh puteranya, Raja Phra Ong Mahawangsa yang kemudiannya menjadi raja Kedah yang pertama memeluk agama Islam. Syeikh Abdullah Yamani menukarkan namanya kepada Sultan Muzaffar Syah.
                                      



3. Kandungan hikayt mararong mahawangsa
Latar belakang penulisan suatu karya sejarah sastra tradisional Melayu adalah titah raja. Seorang raja Melayu tradisional selalu ingin menampilkan kebesarannya sendiri dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang ditempuhnya adalah dengan memerintahkan penulis yang berada di bawah naungannya untuk menuliskan karya yang sesuai dengan keinginannya tersebut (Harun Mat Piah et al., 2000, Salleh, 1998).
Tentu saja seorang raja Melayu tradisional bertempat dalam sebuah konteks politik yang tidak selalu mendukung klaim kebesarannya. Hal ini tampak jelas dalam HMM. Raja yang memerintahkan penulisan HMM adalah raja yang menghadapi ketegangan dan tekanan inferiorisasi dari negeri-negeri lain di bagian utara Semenanjung Melayu. Oleh karena itu HMM dengan jelas berusaha mengungkapkan kesan bahwa Kedah lebih besar daripada negeri-negeri lain di kawasan tersebut.
Citra kebesaran raja Melayu tradisional juga diciptakan sedemikian rupa di dalam karya sastra kesejarahan Melayu dengan menyisipkan narasi yang terkait dengan konsep “daulat” dan “durhaka” (derhaka). Konsep daulat menyatakan bahwa seorang raja adalah penguasa tertinggi di suatu negeri. Sementara itu, konsep durhaka menyatakan bahwa rakyat yang melakukan pembangkangan terhadap raja akan ditimpa bencana. Dalam karya kesejarahan Melayu tradisional, daulat raja ditekankan sedangkan durhaka diperlihatkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa takut untuk membangkang pada audiens.
HMM justru mengambil pola yang berbeda. Hal ini terlihat dalam narasi ketika keempat menteri utama berinisiatif untuk menggulingkan Raja Bersiung. Raja Bersiung adalah seorang penguasa Kedah yang suka memakan daging manusia. Setiap hari dia mewajibkan salah seorang rakyatnya untuk dijadikan santapannya. Menurut konsep daulat dan durhaka, maka perintah itu harus ditaati oleh seluruh rakyat Kedah. Akan tetapi pengarang HMM memberikan perkecualian dalam kasus Raja Bersiung dengan membenarkan upaya kudeta oleh para menteri yang juga didukung oleh permaisuri. Bagi pengarang HMM, kekuasaan raja tidak mutlak, tetapi kondisional. Jika raja berbuat lalim, maka rakyat berhak memakzulkannya.
Sebagai sebuah karya sastra kesejarahan Melayu tradisional, HMM mematuhi prinsip penulisan yang berbeda dari prinsip penulisan sejarah saintifik modern. Menurut Piah et al. (2002) dan Salleh (1998),
historiografi Melayu tradisional mengandung lima unsur yang selalu ada, yaitu:
 a) asal-usul keturunan raja,
 b) pembukaan sebuah negeri,
 c) jurai keturunan raja yang pertama sampai yang terakhir,
d) proses pengislaman raja dan seluruh negeri, dan
 e) situasi ketika penulisan atau penyalinan terakhir dilaksanakan.
Hampir semua unsur tersebut, kecuali yang terakhir, dituliskan berdasarkan mitos, legenda, perlambangan dan lain-lain (Salleh, 1998).
Asal-usul raja Kedah pada saat HMM dituliskan diawali dari keluarga raja negeri Rom. Negeri Rom pada masa itu tentu merupakan sebuah negeri yang besar dan termasyhur kemegahannya di kalangan rakyat negeri-negeri Melayu. Dengan mengklaim raja Rom sebagai leluhurnya, maka para penguasa Kedah memperoleh legitimasi populer atas kekuasaannya.
HMM menyatakan bahwa Raja Merong Mahawangsa menamakan negeri yang disinggahinya dalam perjalanan ke benua China dengan “Langkasuka”. Kemudian Langkasuka diganti dengan Kedah Zamin Turan. Setelah menyebutkan nama ini secara lengkap, pengarang HMM hanya menuliskan nama “Kedah” saja untuk merujuk pada negeri tersebut. Salleh (1998) menyatakan bahwa sejarah telah membuktikan bahwa Langkasuka bukan Kedah. Kedah adalah pelabuhan atau pintu masuk ke Langkasuka di sebelah barat ketika kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaannya.
Pengarang HMM memilih cara yang unik untuk menceritakan tentang kedatangan Islam di Kedah. Pada karya-karya kesejarahan yang lain, misalnya pada Hikayat Raja Pasai dan Sulalat-us-Salatin, proses tersebut mengandung unsur mimpi. Raja pasai dan Malaka bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW pada malam sebelum sebuah kapal tiba dari Mekah. Dalam HMM, proses pengislaman diawali dengan keinginan Syekh Abdullah Yamani yang ingin belajar kepada penghulu setan. Dengan bantuan gurunya, dia berhasil menemui penghulu setan bergerak ke seluruh dunia sebelum akhirnya tiba di Kedah.
Si penghulu setan bersedia memberikan pelajaran kepada Syekh Yamani dan memerintahkan Syekh Yamani untuk memegang jubahnya sehingga Syekh Yamani tidak dapat terlihat oleh mata manusia. Dengan cara itu, Syekh Yamani dapat mengikuti si penghulu setan tanpa harus terlihat oleh manusia lain. Syarat utama yang diajukan oleh penghulu setan adalah bahwa Syekh Yamani tidak boleh memprotes apapun tindakan yang dilakukan oleh si penghulu setan.
Syekh Yamani sempat beberapa kali melakukan protes atas tindakan si penghulu setan yang menurutnya tidak dapat dibenarkan. Si penghulu setan masih memberikan beberapa kali toleransi kepada Syekh Yamani. Akan tetapi pada saat berada di bilik peraduan Raja Phra Ong Mahawangsa, penguasa Kedah, Syekh Yamani tidak tahan ketika melihat si penghulu setan mengencingi arak yang akan diminum oleh sang raja. Si penghulu setan marah sehingga meninggalkan Syekh Yamani. Karena tidak lagi memegang jubah si penghulu setan, maka Syekh Yamani dapat terlihat Raja Phra Ong Mahawangsa.
Narasi tentang perjumpaan Syekh Yamani dan Raja Phra Ong Mahawangsa merupakan sebuah simbolisasi yang masih terikat pada ajaran Islam. Arak dalam narasi tersebut disamakan dengan kencing setan sehingga menjadi barang yang najis dan hukumnya haram.
HMM menguraikan dengan jelas jurai keturunan raja dari Raja Merong Mahawangsa sampai dengan keturunan raja yang ketujuh, yaitu Raja Phra Ong Mahawangsa atau Sultan Muzalfal Syah. Sultan Muzalfal Syah menabalkan putra sulungnya menjadi raja dengan gelar Sultan Muazzam Syah di Kota Palas. Ketika Sultan Muzalfal Syah mangkat, dia digantikan oleh Sultan Muazzam Syah. Lampiran terakhir HMM menyatakan dengan ringkas tentang raja-raja yang memerintah negeri Kedah sejak Sultan Muazzam Syah hingga Sultan Ahmad Tajudin Halim Syah. Salleh (1998) menduga bahwa lampiran terakhir ini ditambah dan dibenahi ketika disalin pada masa pemerintahan Sultan Ahmad Tajuddin Halim Syah (1797 – 1843).




BAB III
KESIMPULAN

Hikayat Merong Mahawangsa yang dikarang dengan berdasarkan konsep penulisan sejarah Melayu tradisional, menjalankan peranannya sebagai sebuah penulisan sejarah. Ia bukanlah dikarang semata-mata berdasarkan khayalan dan dongengan; malah banyak rahsia budaya dan nilai hidup zaman dulu tersirat dalam himpunan perlambangan, mitos dan realita. Penggemblengan unsur realiti dan mitos tergambar dalam gaya pengarang menceritakan bagaimana terjalinnya perhubungan antara Kedah dengan Siam. Dengan cara yang menarik, pengarang tidak menafikan bahawa Siam mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari Kedah dan mengaku Kedah menghantar bunga mas dan perak kepada Siam. Tetapi pujangga istana Kedah menjelaskan peristiwa-peristiwa ini berlaku dengan pendekatannya yang tersendiri tanpa menjejaskan kedaulatan negeri Kedah.





DAFTAR PUSTAKA

http://ms.wikipedia.org.wiki.Hikayat_Merong_Mahawangsa (Dikutip Jum’at 21.11.2014. Pukul 15:20)
(Dikutip jum’at 21.11.2014. Pukul 15:55)
http://www.melayuonline.com (Dikutip Minggu, 23.11.2014. Pukul 21.19)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar