Kamis, 28 Desember 2017

KARAKTERISTIK PEMILIHAN BAHAN BACAAN

KARAKTERISTIK PEMILIHAN BAHAN BACAAN

Disusun dalam rangka memenuhi salah satu syarat mengikuti
Mata Kuliah Membaca

Dosen Pengampu : Sofian Hadi, M.Pd.

OLEH :
KELOMPOK X
1.      Anita Sari                         (14040030)
2.      Wahyu Supriatin             (14040031)
3.      Fitriyah                            (14040036)

 













SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2015


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT.yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami senantiasa bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Shalawat dan salam tak lupa kami curahkan kepada Nabi Muhammad SWT. Penyusunan makalah yang diberi judul “Karakteristik Pemilihan Bahan Bacaan”, diajukan sebagai pamenuhan salah satu tugas terstruktur Mata Kuliah Membaca.

Dalam penyusunan makalah ini kami mendapatkan beberapa halangan dan rintangan yang harus kami lewati, tetapi berkat dorongan dan bantuan dari berbagai pihak kami bisa menyelesaikannya, walaupun kami sadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan selanjutnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alikum Wr. Wb.

Pringsewu, 23 Desember  2015


Penulis






DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
KATA PENGANTAR..................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................... iii

BAB   I    PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah......................................................................... 1
C.     Tujuan........................................................................................... 1

BAB  II    PEMBAHASAN
A.    Karakteristik Pemilihan Bahan Bacaan ............................................ 3
B.     Tujuan karakteristik pemilihan bahan bacaan  .................................. 3
1.      Bacaan Ilmiah ............................................................................. 3
2.      Bacaan Sastra.............................................................................. 6

BAB  III   PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................. 13
B.     Saran........................................................................................... 14

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kehidupan sekarang ini tingkat minat membaca semakin menurun. Penurunan tersebut juga diimbangi oleh menurunnya tingkat pemahaman siswa tentang apa yang dibaca. Akibatnya semakin sedikit ilmu pengetahuan yang didapatkan siswa. Membaca merupakan suatu kegiatan interaktif untuk memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung didalam bahan tulis. Dengan itu seseorang juga harus mengerti masing-masing karakteristik suatu bacaan yang mereka baca, karena dengan mengetahui karakteristik suatu bacaan, seseorang akan dapat mudah memahami apa maksud dari teks atau buku yang mereka baca, dan dapat mendapatkan suatu informasi dibutuhkannya.

B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini akan mengkaji beberapa permasalahan, yaitu :
1.      Apakah tujuan karakteristik bahan bacaan?
2.      Apakah yang dimaksud dengan bacaan ilmiah?
3.      Apa saja macam-macam bacaan ilmiah?
4.      Apa saja karakteristik bacaan ilmiah?
5.      Apakah yang dimaksud dengan bacaan sastra ?
6.      Apa saja macam-macam bacaan sastra?
7.      Apa saja karakteristik bacaan sastra?

C.    Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah supaya mahasiswa :
1.      Dapat mengatahui karakteristik serta tujuan pemilihan bahan bacaan
2.      Dapat mengetahui maksud dari bacaan ilmiah
3.      Dapat mengetahui macam-macam bacaan imiah
4.      Dapat mengetahui karakteristik bacaan ilmiah
5.      Dapat mengetahui maksud dari bacaan sastra
6.      Dapat mengetahui macam-macam bacaan sastra
7.      Dapat mengetahui karakteristik bacaan sastra



























BAB II
PEMBAHASAN

A.    Karakteristik Pemilihan Bahan Bacaan
Dalam proses pembelajaran, seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam mencari bahan bacaan yang akan disajikannya kepada siswa. Banyak sekali bahan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber dan bahan ajar. Namun seorang guru sebaiknya perlu mengetahui setiap karakteristik bahan bacaan yang dipilihnya sebagai bahan ajar.
Pada dasarnya, seorang pembaca pun hendaknya perlu mengetahui karakteristik bahan bacaan yang dipilih, sehingga ia dapat dengan mudah memahami isi bacaan sesuai dengan tujuan membacanya. Dalam hal ini, sebelum seseorang memilih suatu bacaan, ia harus memenuhi tahap-tahap sebagai berikut:
1)      Mencari bahan-bahan bacaan
2)      Memilih sendiri bahan yang akan dibaca
3)      Melangkah sendiri membaca bahan bacaan yang telah dipilih (olson,1959) dalam tarigan (1994)

B.     Tujuan karakteristik pemilihan bahan bacaan  
Mempermudah seseorang dalam mengetahui atau memahami isi bacaan sesuai dengan bacaannya dan memudahkan seseorang dalam mendapatkan suatu informasi yang mereka butuhkan
Pada dasarnya bahan bacaan itu terbagi atas bacaan ilmiah dan bacaan sastra (Tarigan, 1994). Adapun penjelasan dari kedua jenis bacaan di atas adalah sebagai berikut:
1.      Bacaan Ilmiah
Kata ilmiah diartikan sebagai bersifat ilmu atau memenuhi syarat ( kaidah) ilmu pengetahuan, Bacaan ilmiah yaitu bacaan yang berisi ilmu pengetahuan atau informasi yang ditulis dengan bacaan yang lugas, praktis, dan efisien.
Bacaan ilmiah terbagi atas dua macam (Tarigan, 1994), yaitu teks ilmiah populer dan teks ilmiah akademik.
1)      Teks ilmiah popular
ilmiah populer, yaitu teks yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa (surat kabar, majalah, tabloid).
teks ilmiah ditulis lebih bersifat umum, untuk konsumsi publik. Dinamakan ilmiah populer karena bentuk dan isinya itu dapat mudah dipahami oleh pembaca dengan menggunakan bahasa yang santai, padat, serta mudah dicerna oleh pembaca.

Teks ilmiah populer mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a)      isinya memuat keadaan orang lain, terutama yang menyangkut keberhasilan dan penderitaan
b)      sesuatu untuk meyakinkan diri sendiri, bahwa orang lain pun mempunyai masalah seperti yang kita alami.
c)      Isinya mengenai cara belajar
d)     Isinya hanya sekedar ingin mengetahui atau untuk mengikuti tentang sesuatu, bahasanya praktis, sebab efisien dan efektif
e)      Struktur teks bacaan dimulai dengan kesimpulan atau sebagai “klimaks”  dan diakhiri dengan “perincian” (Tarigan, 1994)

Teks ilmiah populer biasanya terdapat pada majalah. kriteria pemilihan majalah yaitu:  kita harus menyesuaikan antara kondisi baca dengan keterbacaan. Kondisi baca meliputi: tujuan membaca, informasi fokus, dan materi bacaan.
Di dalam membaca majalah memiliki beberapa tahap yaitu:
1)      Kita harus menentukan tujuan membaca kita apakah untuk studi, bisnis, atau untuk kesenangan. Jika membaca kita untk bisnis hendaknya kita memilih majalah yang khusus berisi tentang informasi perbisnisan, jurnal, dan sebagainya.
2)      Di dalam membaca majalah, yaitu: menentukan informasi fokus. Informasi yang akan kita cari di dalam majalah tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan dengan cara membaca bagian depan buku, halaman kata pengantar, pendahuluan dan abstrak. Setelah itu, penting sekali bagi kita membaca daftar isi untuk mengetahui secara cepat dan tepat.
3)      Penyesuaian materi bacaan. Dengan tingkat keterbacaan pembaca di dalam mencari majalah tentunya harus di sesuaikan dengan kemampuan membaca seseorang dengan materi bacaan hendaknya yang ringan, menghibur, dan tidak vulgar.
2)      Teks ilmiah akademik
Teks ilmiah akademik adalah teks yang bisa ditulis oleh kalangan kampus perguruan tinggi baik dosen maupun mahasiswa, karena dalam membuat sebuah teks ilmiah akademik ini membutuhkan suatu hasil dalam sebuah penelitian. 

Teks ilmiah akademik  memiliki karakteristik, yang isi garis besarnya dipilih menjadi empat jenis (Tarigan,1994), yaitu:
a)      Isinya meninjau sebuah hasil penelitian.
b)      Isinya menggunakan aturan mengimplementasikan suatu teori
c)      Isinya membantah, menyempurnakan mengimplementasikan suatu penelitian
d)     Isinya berupa penyajian suatu hipotesis
e)      Bahasanya bersifat denotative, objektif, tidak berprasangka, tanpa penelitian atau pendapat pribadi, sistematis, kritis, dan didasarkan pada suatu penilaian hubungannya dengan sebuah teori.

Yang termasuk teks ilmiah akademik, yaitu buku teks, buku referensi, buku modul dan lain-lain. 
a.       Karakteristik pemilihan buku teks
Ada beberapa langkah yang yang dapat ditempuh dalam menentukan karakteristik pemilihan buku teks, antara lain sebagai berikut:
1)      Menentukan tujuan membaca, tentuanya tujuan kita dalam membaca buku teks yaitu memperoleh ilmu pengetahuan atau untuk studi.
2)      Menentukan informasi fokus apa yang ingin kita peroleh dari buku tersebut. Kita harus membaca daftar isi agar informasi fokus yang kita cari dapat dengan mudah dicari atau ditemukan.
3)      Sebelum membaca buku teks kita harus membaca kata pengantar, pendahuluan, ataupun abstraknya sehingga kita tau materi apa yang ada di dalam buku teks tersebut dan apakah materi tersebut sesuai dengan tingkat keterbacaan pembaca.
4)      Pilihlah buku teks yang memiliki wacana yang tidak terlalu sulit dipahami tetapi juga tidak terlalu mudah. Sehingga siswa terpacu daya pikirnya (Tarigan,1994)
b.      Karakteristik pemilihan buku referensi
Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam menentukan karakteristik pemilihan buku referensi, antara lain sebagai berikut:
1)      Pilihlah buku yang dianjurkan guru atau dosen
2)      Carilah sumber bacaan buku lain yang masih satu tema dengan induk yang masih satu cabang ilmu.
3)      Carilah bahan bacaan yang memiliki penjelasan yang lebih terperinci, yang menjabarkan materi pada buku induk dengan lebih jelas
4)      Carilah lebih dari satu buku referensi. Agar pemahaman dan pengetahuan kita terhadap suatu ilmu atau materi dapat lebih luas, dan kita dapat menguji hipotesis-hipotesis yang berada pada induk (Tarigan, 1994)

2.      Bacaan Sastra
Sastra (Sanskertashastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Sastra adalah karya yang bersifat imajinatif yang menonjol unsur estetikanya dengan media bahasa yang khas (konotatif) yang fungsi utamanya adalah dapat menyenangkan dan berguna untuk orang lain.
Sedangkan Bacaan sastra ialah suatu bahan bacaan yang berisi ekspresi, pikiran, perasaan, ide, pandangan hidup, dan lain-lain yang disajikan dalam bentuk yang indah melalui media bahasa.
Sasta terbagi menjadi dua macam, yaitu sastra imajinatif dan sastra nonimajinatif (Tarigan, 1994). Adapun penjelasannya sebagai berikut:
1)      Sastra imajinatif
Sastra imajinatif ialah bahan bacaan yang isinya ditulis berdasarkan daya khayal sang pengarang. Karakteristik sastra imajinatif ialah:
a)      Bahasanya konotatif (bukan bahasa sesungguhnya, memiliki makna/arti lebih dari satu 
b)      Penulisannya diilhami dari kisah nyata yang diproses atau diimajinasikan sehingga timbul ide penulisan yang kreatif dan indah.
c)      Memiliki nilai-nilai estetik yang meliputi uniti, harmoni, balance, dan right imasses (Tarigan, 1994)

Berikut adalah contoh sastra ilmajinatif

KETIKA SAHABAT MENJADI CINTA
Puisi Nurul Laili

Kebahagian sebuah pertemnan kini
telah berubah menjadi keindahan sebuah kisah cinta. .
yang dulunya bertengkar sekarang menjadi damai akan hadirnya Cinta
dan pernah ada yang menyangka bahwa
Sebuah pertemanan bisa menjadi sebuah percintaan. . .

Dan mungkin semua orang tau,
Bahwa cinta itu berawal dari sebuah pertemanan. .

keindahan sebuah persahabatan lebih indah jika
di tambah dengan sebuah kisah Cinta antara dua makhluk
yang saling mengkasihi. . .

SAHABAT TERBAIKKU
Puisi Frizka Tirana

Sahabat ...
di saat kita nikmati kebersamaan banyak hal yang terlewat kan begitu saja
keceriaan, canda dan tawa semuanya mengalir begitu saja
waktu yang tersisah seolah tak mampu menampung nya dan waktu yang sangatlah singkat membuat ku teringat kepada mu sahabat ..

Semua kenangan - kenangan itu tak terasa ,pergi meninggalkan segala kegembiraan
serta canda dan tawa mu satu persatu hilang sekejap mata
ada beribu senyum saat terlintas memory yang dulu kala

Sahabat ...
semua yang pernah kita jalani hari demi hari , waktu demi waktu telah kita lalui semuanya.

Banyak hal yg pernah terjadi karena itulah jalan hidup yang kita miliki
kadang benci, kesal ,dan kecewa serta rasa senang dan sayang
sungguh luar biasa , apa yang telah kita lalui bersama ..

Ya Tuhan ...
jagalah dan lindungilah
sahabat-sahabat ku
karena mereka adalah sahabat terbaiku selamanya

2)      Sastra nonimajinatif
Sastra nonimajinatif adalah sastra yang isinya ditulis sesuai dengan fakta, berdasarkan realita sebagai topik utamanya.
Karakteristik sastra nonimajinatif adalah:
a)      Bahasanya denotative
b)      Isinya berdasarkan fakta, realita yang ada.
c)      Memiliki nilai-nilai dan syarat-syarat keindahan (estetika) berupa uniti (kesatuan),  harmon, (keselarasan), balance (keseimbangan), dan right imasses (Tarigan, 1994)
Sastra ini terdiri atas esai, kritik, biografi, autografi, dan catatan harian. Surat kabar tergolong ke dalam sastra nonimajinatif, karena bagian-bagian atau isi surat kabar meliputi berbagai aspek karangan sastra.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan karakteristik pemilihan surat kabar yaitu:
a.       Topik yang disajikan haruslah aktual, tajam, dan terpercaya.
b.      Informasi yang disampaikan up to date, sesuai dengan perkembangan zaman
c.       Pilihan surat kabar yang memiliki kosa kata yang tinggi agar muncul daya piker membacanya
d.      Untuk bahan pembelajaran, pilih topik dalam surat kabar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa
Berikut ini adalah contoh sastra non imajinatif
Contoh Lowongan Kerja di Koran Harian

Contoh Lowongan Kerja di Koran Harian2

















Contoh Surat Lamaran Berdasarkan Iklan

Semarang, 13 April 1995

No.          : 23141923
Hal          : lamaran Pekerjaan
Lamp.      : 5 lembar.


Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
Tabloid KOMPETISI
Jl. Karah Agung 45 (Jawa Pos Center)
SURABAYA


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                               : Abdullah Fakih
Tempat tgl. Lahir             : Semarang. 27 juni 1967
jenis kelamin                    : Laki-laki
Status                              : Belum kawin
Agama                             : Islam
Alamat tempat tinggal     : Jl. Dupa 3, Semarang
Pendidikan terakhir         : SMA berijazah.


Sesuai dengan iklan Bapak yang termuat dalam harian JAWA POS, tanggal 10 April 1995, perihal lowongan tenaga operator di perusahaan Bapak, dengan ini perkenankanlah kami mengisinya.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan 5 lembar surat keterangan meliputi:
a.       Daftar riwayat hidup
b.      Copy ijazah terakhir (SMA)
c.       Surat keterangan adat istiadat berkelakuan baik
d.      Surat keterangan dokter
e.       Surat ijin orang tua.

Besar harapan kami semoga Bapak mengabulkan permohonan kami. Untuk itu kami sampaikan banyak terima kasih.


Hormat kami.



Abdullah Fakih

Untuk pembelajaran disekolah, guru dapat menggunakan kedua jenis bahan bacaan di atas, baik bacaan ilmiah maupun nonilmiah. Meskipun masing-masing jenis bacaan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi keduanya memiliki informasi penting yang perlu dibaca oleh siswa. Oleh sebab itu, membaca yang baik itu adalah membaca yang disesuaikan dengan tujuannya sehingga apapun yang kit abaca dapat bermanfaat bagi kehidupan kita. Missal, ketika kita memilih bahan bacaan ilmiah untuk dibaca, maka kita akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru dan wawasan kita pun akan semakin bertambah. Begitu pula ketika kita memilih bahan bacaan fiksi atau nonilmiah, maka kita akan mendapat berbagai pengalaman kehidupan di sana, sehingga kita dapat belajar dari pengalaman yang berharga tersebut
Seorang pembaca yang mengetahui karakteristik bahan bacaan yang dipilihnya, ia akan lebih fokus membaca bahan bacaan tersebut, karena ia mengetahui bahwa isi bacaan tersebut akan memberikan informasi yang dibutuhkannya. Oleh sebab itu, sebelum kita membaca, sebaiknya ketahui dulu karakteristik bahan bacaan yang kit abaca, tentu saja sesuai dengan tujuan membaca sehingga membaca kita menjadi efektif.








 





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Pada dasarnya, seorang pembaca pun hendaknya perlu mengetahui karakteristik bahan bacaan yang dipilih, sehingga ia dapat dengan mudah memahami isi bacaan sesuai dengan tujuan membacanya. Dalam hal ini, sebelum seseorang memilih suatu bacaan, ia harus memenuhi tahap-tahap sebagai berikut:
a.       Mencari bahan-bahan bacaan
b.      Memilih sendiri bahan yang akan dibaca
c.       Melangkah sendiri membaca bahan bacaan yang telah dipilih (olson,1959) dalam tarigan (1994)
2.      Pada dasarnya bahan bacaan itu terbagi atas bacaan ilmiah dan bacaan sastra (Tarigan, 1994).
Bacaan ilmiah yaitu bacaan yang berisi ilmu pengetahuan atau informasi yang ditulis dengan bacaan yang lugas, praktis, dan efisien.

Bacaan ilmiah terbagi atas dua macam (Tarigan, 1994), yaitu teks ilmiah populer dan teks ilmiah akademik. Teks ilmiah populer, yaitu teks yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa (surat kabar, majalah, tabloid).
Teks ilmiah akademik adalah teks yang bisa ditulis oleh kalangan kampus perguruan tinggi baik dosen maupun mahasiswa, karena dalam membuat sebuah teks ilmiah akademik ini membutuhkan suatu hasil dalam sebuah penelitian. 
3.      Sastra adalah karya yang bersifat imajinatif yang menonjol unsur estetikanya dengan media bahasa yang khas (konotatif) yang fungsi utamanya adalah dapat menyenangkan dan berguna untuk orang lain.
Sedangkan Bacaan sastra ialah suatu bahan bacaan yang berisi ekspresi, pikiran, perasaan, ide, pandangan hidup, dan lain-lain yang disajikan dalam bentuk yang indah melalui media bahasa.
Sasta terbagi menjadi dua macam, yaitu sastra imajinatif dan sastra nonimajinatif

B.     Saran
Seorang pembaca yang mengetahui karakteristik bahan bacaan yang dipilihnya, ia akan lebih fokus membaca bahan bacaan tersebut, karena ia mengetahui bahwa isi bacaan tersebut akan memberikan informasi yang dibutuhkannya. Oleh sebab itu, sebelum kita membaca, sebaiknya ketahui dulu karakteristik bahan bacaan yang kita baca, tentu saja sesuai dengan tujuan membaca sehingga membaca kita menjadi efektif.


















DAFTAR PUSTAKA

Dr.H.Dalman,Mpd. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar