Senin, 05 Maret 2018

MAKALAH KEMAMPUAN INDRA MANUSIA


MAKALAH

KEMAMPUAN INDRA MANUSIA

DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 9
      
1.      TRIMAININGSIH                                  14040003
2.      DIAN ZUNIA NINGRUM                    14040006
3.      WAHYU SUPRIATIN                           14040033
4.      ANITA ZUN YEPPO
5.      DENI YUDISTIRA
6.      DENI KUSUMA
7.      IRAWATI
                                                                                                           




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH PRINGSEWU (STKIP-MPL)
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-nya makalah yang berjudul “KEMAMPUAN INDRA MANUSIA ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
                                                                                            
Keberhasilan kami dalam penulisan makalah ini tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.
                                                                                     
Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan yang masih perlu diperbaiki, untuk itu kami mengharapkan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini, sehingga dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.


Pringsewu,16,Maret,2016.










DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang....................................................................................
B.     RUMUSAN MASALAH......................................................................
C.     TUJUAN .......................................................



BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian kemampuan indra manusia (kim)..................................................................
B.     Bentuk-bentuk permainan kemampuan indra manusia...................................................

                                                                                                   
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan....................................................................................
B.     Saran.................

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Kim adalah suatu jenis permainan yang ditemukan oleh  Bapak pramuka dunia yaitu Baden Powell yang diambil dari sebuah ceritanya dari buku Scouting For Boys. Tentang seorang anak laki-laki cerdas bernama Kimball O’Hara, anak anak seorang sersan dari Resiman Irlandia yang ditugaskandi India. Orang tua Kim (panggilan namanya) meninggal ketika Kim masih sangat kecil. Kemudian Kim tinggal bersama salah seorang bibinya.
Diceritakan Kim karena keahliannyamenjadi anggota termuda dari pada Dinas Rahasia Inggris di India (pada waktu itu India sedang dijajah Inggris). Selain karena kecerdasannya. Kim juga mempunyai pengetahuan tentang penduduk asli, karena ibunya adalah seorang wanita India.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah pengertian kemampuan indra manusia (kim).
2.      Apa saja bentuk-bentuk permainan kemampuan indra manusia .

C.     TUJUAN
1.      Mengetahui apa itu kemampuan indra manusia.
2.      Mengetahui bentuk-bentuk permainan kemampuan indara manusia.







BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN KEMAMPUAN INDRA MANUSIA (KIM)
Kim adalah suatu jenis permainan yang ditemukan oleh  Bapak pramuka dunia yaitu Baden Powell yang diambil dari sebuah ceritanya dari buku Scouting For Boys. Tentang seorang anak laki-laki cerdas bernama Kimball O’Hara, anak anak seorang sersan dari Resiman Irlandia yang ditugaskandi India. Orang tua Kim (panggilan namanya) meninggal ketika Kim masih sangat kecil. Kemudian Kim tinggal bersama salah seorang bibinya.
Diceritakan Kim karena keahliannyamenjadi anggota termuda dari pada Dinas Rahasia Inggris di India (pada waktu itu India sedang dijajah Inggris). Selain karena kecerdasannya. Kim juga mempunyai pengetahuan tentang penduduk asli, karena ibunya adalah seorang wanita India.
Lalu Kim belajar kepada Tuan Lurgan seorang pedagang pertama (Kim juga bekerja sambilan padanya). Kim belajar bagaimana cara mengingat dan mengamat-amati hal-hal kecil, yang kemudian bisa jadi suatu hal yang sangat penting yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya.
Kim pernah menyelamatkan kawannya yang juga sasama agen rahasia dari kejaran musuh-musuhnya di dalam sebuah kereta api, dengan cara merias kawannya seperti seorang pengemis suci. Begitulah Kim dengan kecerdikannya telah berjasa menyelamatkan nyawa kawannya dari bahaya.

Jadi Permainan Kim merupakan suatu latihan menggunakan panca indera untuk meningkatkan kecerdasan pemikiran/otak kita. Meningkatkan daya pikir, kecepatan bereaksi atau mengambil keputusan, sekaligus kecepatan daya tangkap. Untuk mencapai hal yang baik, maka hendaknya kita harus sering melatih menggunakan panca indera kita. Sehingga istilah KIM dianalogikan dengan KEMAMPUAN INDERA MANUSIA.






B.     BENTUK- BENTUK KEMAMPUAN INDRA MANUSIA
KIM merupakan jenis permainan yang di temukan oleh Bapak Pramuka Dunia yaitu Baden Powell yang diambil dari ceritanya dala bukunya yang berjudul Scouting For Boys. Bentuk – Bentuk dari permainan KIM antara lain seperti KIM lihat, KIM rasa, KIM dengar, KIM cium, maupun KIM kombinasi antara lain :

1.        Kim Lihat :
KIM Lihat adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Mata. Dalam pelaksanaannya, KIM Lihat membutuhkan ketajaman indera mata manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya:
a.       Melihat beberapa benda sesaat, kemudian mencoba mengingatnya kembali.
b.    Membedakan warna-warna.
c.      Mengingat beberapa macam benda/ barang yang hampir sama dan sebagainya.

2.      Kim Cium :
KIM Cium adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Hidung. Dalam pelaksanaannya, KIM Cium membutuhkan ketajaman indera hidung manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah mencium beberapa benda dalam waktu yang sesaat, dan kemudian mencoba mengingatnya kembali atau langsung menyebutkannya. Benda – benda yang dimaksud biasanya merupakan benda – benda yang memiliki aroma yang khas seperti :
a.        Bumbu-bumbu
b.         Wewangian
c.       Bunga-bunga
d.       Buah-buahan.
e.       Obat-obatan.




3.      Kim Raba :
KIM Raba adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Tangan, Kaki, atau bagian tubuh lain manusia yang memiliki tingkat sensivisitas terharadap rangsangan raba dari beberapa benda. Namun dalam beberapa pertemuan pramuka, tangan yang lebih sering digunakan. Dalam pelaksanaannya, KIM Raba membutuhkan ketajaman tangan manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya  yaitu :
a.  Meraba / memegang berbagai benda dan mencoba mengingat dan menyebutkan apa nama yang dipegangnya itu
b.       Benda-benda tersebut dapat dimasukan ke dalam kantung tertutup atau mata kita    yang ditutup dengan kain.

4.      Kim Rasa :
KIM Rasa adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Lidah. Dalam pelaksanaannya, KIM Rasa membutuhkan ketajaman indera lidah manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah merasakan beberapa benda dalam waktu yang sesaat, dan kemudian mencoba mengingatnya kembali atau langsung menyebutkannya. Benda – benda yang dimaksud biasanya merupakan benda – benda yang memiliki rasa yang khas,dalam kim rasa lidah berperan merasakan manis, asam, pahit, dari  berbagai buah-buahan atau bumbu-bumbu.


5.      Kim Dengar :
KIM Dengar adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Telinga. Dalam pelaksanaannya, KIM Dengar membutuhkan ketajaman indera telinga manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya yaitu :

a.       Mendengarkan berbagai bunyi-bunyian
b.       Membedakan berbagai suara alat music
c.       Membedakan beberapa  peristiwa /kegiatan dari suara yang didengarnya. Seperti :
1.       Suara kayu digergaji
2.       Suara pintu dibuka atau tertutup
3.       Suara orang berjalan

6.      Kim kombinasi
KIM Kombina merupakan salah satu bentuk permainan KIM yang melibatkan beberapa indera yang dimiliki manusia atau dengan kata lain merupakan gabungan dari berbagai macam KIM di atas. Untuk dapat menguasai KIM Kombinasi, butuh latihan yang lebih untuk mempertajam panca indera yang dimiliki manusia.















BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Jadi Permainan Kim merupakan suatu latihan menggunakan panca indera untuk meningkatkan kecerdasan pemikiran/otak kita. Meningkatkan daya pikir, kecepatan bereaksi atau mengambil keputusan, sekaligus kecepatan daya tangkap. Untuk mencapai hal yang baik, maka hendaknya kita harus sering melatih menggunakan panca indera kita. Sehingga istilah KIM dianalogikan dengan KEMAMPUAN INDERA MANUSIA. Dan  Bentuk – Bentuk dari permainan KIM antara lain seperti KIM lihat, KIM rasa, KIM dengar, KIM cium, maupun KIM kombinasi




B.     SARAN
Dari penulisan makalah ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyaknya kekurangan, oleh sebab itu kritik dan saran yang sifatnya membangun tetap penulis harapkan demi sempurnanya makalah ini, dan apabila dalam tulisan ini terdapat kesalahan, baik itu dari kalimat ataupun susunannya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.












DAFTAR PUSTAKA

https://aboutpramuka.wordpress.com/2015/10/12/macam-macam-kim/#more-249

http://pasukanandirkidul.blogspot.co.id/2011/09/permainan-kim.html






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar