MAKALAH
TEORI
DAN SEJARAH SASTRA
“HIKAYAT
MERONG MAHAWANGSA”
Makalah
Ini Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata
Kuliah teori dan sejarah sastra
Dengan
Dosen Pengampu : Veria Septianingtias,S.S.
KELOMP0K
6
1.
ANA
WAHYU KUSNIATI (14040004)
2.
RISKI
AULIA PUTRI (14040013)
PRODI : BAHASA INDONESIA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH
PRINGSEWU LAMPUNG
2014
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh
Segala puji bagi allah yang telah memberikan kami
kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktu yang
ditentukan. Tanpa pertolongan- Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikannya dengan baik. Tidak lupa Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan
kepada Junjungan Kita Nabi Agung Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita
dari zaman jahiliah ke zaman yang terang benderang ini.
Makalah ini memuat
materi tentang “Metode Pengajaran Puisi dan Drama” penyusun menyadari
bahwasanya makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan memerlukan perbaikan
tetapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Tak lupa kami mengucapkan
terimakasih kepada dosen peengampu yang telah membantu kami dalam mengerjakan makalah
ini.
Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang juga sudah
memberi konstribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan makalah
ini.
Semoga makalah ini
dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Penyusun membutuhkan kritik dan saran
dari pembaca yang bersifat membangun,guna terciptanya makalah yang lebih baik
di masa yang akan datang. Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.
Pringsewu, November 2014
Penyusun
Kelompok VI
HALAMAN JUDUL.................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................ ii
DAFTAR ISI............................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang .......................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah...................................................................... 1
C.
Tujuan........................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Kalimat.................................................................... 3
B.
Unsur-Unsur
Kalimat................................................................. 3
C.
Pola
Kalimat Dasar.................................................................... 4
D.
Jenis-Jenis
Kalimat..................................................................... 5
E.
Kalimat
Efektif.......................................................................... 10
F.
Penggunaan
Kata Yang Salah Dalam Kamimat........................ 11
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
............................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Hikayat Merong Mahawangsa (HMM), yang
menerangkan asal usul raja-raja Kedah berdasarkan mitos dan lagenda, menjadi
ahli genre sastera sejarah tradisional Melayu. Hampir setiap kerajaan Melayu
zaman silam mempunyai hasil sastera sejarahnya sendiri yang menerangkan asal
usul raja-rajanya, asal usul negeri, perkembangan sejarahnya dari awal hingga
ke akhir berdasarkan konsep sejarah yang dipegang oleh masyarakat Melayu
tradisional. Hasil sastera sejarah itu dipegang oleh kerajaan berkenaan sebagai
suatu dokumen yang sah bagi mengabsahan hak dan kuasa raja ke atas negerinya.
Oleh yang demikian,
dalam perbendaharaan kesusasteraan Melayu tradisional, terdapatlah berbagai hasil sejarah, dari pada
yang paling terkenal kepada karya yang jarang-jarang diketahui,
malah oleh orang Melayu sendiri. Bersama-sama dengan HMM dalam keluarga sastera
sejarah ini terdapatlah Hikayat Raja Pasai, Hikayat Acheh, Hikayat Palembang,
Sejarah Raja-Raja Riau, Hikayat Bangkahulu, Sulalat al-Salatin (Sejarah
Melayu), Hikayat Johor, Hikayat Seri Kelantan, Hikayat Pahang, Hikayat Patani,
Misa Melayu, Asal Usul Raja Sambas, Hikayat Banjar, Hikayat Kotawaringin,
Salsilah Kutai, Hikayat Siak dan berbagai-bagai lagi.Dalam sejarah perkembangan
negeri-negeri di Nusantara, pengabsahan kuasa raja menjadi isu yang
dipersoalkan dan disanhsikan apabila muncul orang Barat. Persolan itu sama ada
ditimbulkan oleh kuasa Barat sendiri mahupun oleh negeri-negeri lain yang
menjadi jiran. Ini adalah sebahagian dari pada taktik Barat memecahkan
negeri-negeri Melayu dari pada bersekutu menentang kemaraannya.
Jelas dari sudut
penciptaannya, salah satu dari sebab mengapa HMM dikarang ialah untuk digunakan
sebagai dokumen pengabsahan kuasa raja Kedah ke atas negerinya dan
kawasan-kawasan jajahannya. Hikayat ini juga berguna dalam menepis dakwaan Siam
bahwa raja Kedah tidak berhak menyerahkan Pulau Pinang kepada Inggeris pada
tahun 1786. Oleh itu, seperti hasil-hasil sastera sejarah Melayu tradisional
yang lain, HMM adalah penggemblengan unsur-unsur realiti dan mitos yang
digunakan untuk menegakkan kedaulatan raja-raja Kedah dan keturunanya.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Beberapa Rumusan
masalah yang dapat dikaji dari uraian diatas antara lain:
1.
Bagaimana cerita Hikayat Merong Mahawangsa?
2.
Apa unsur pensejarahan melayu tradisional dan Hikayat Merong Mahawangsa
?
3.
Usur-unsur apa sajakah yang terkandung dalamHikayat Merong
Mahawangsa?
1.3 TUJUAN
1. Untuk mengetahui
cerita Hikayat Merong Mahawangsa.
2. Untuk mengetahui
unsur pesejarahan melayu tradisional dan Hikayat Merong Mahawangsa.
3. Untuk mengetahui
unsur-unsur yang terkandung dalam Hikayat Merong Mahawangsa.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Beberapa unsur
Pensejarahan Melayu Tradisional Dalam Hiayat Merong Mahawangsa
Pengarang karya
sastera sejarah tradisional menggunakan berbagai-bagai unsur mitos dan lagenda
untuk dijadikan sebagai bukti subjektif dalam penulisannya. Bila hikayat itu
menceritakan tentang sesuatu yang lebih dekat dengan zaman kini, barulah bukti
objektif seperti unsur realiti dan sejarah sebenar dipakai.
Dalam HMM kita bertemu
dengan berbagai-bagai unsur mitos yang berasal dari pada pengaruh Hindu dan
juga setempat. Pengaruh-pengaruh yang berbeza juga dipertentangkan supaya
ternampak yang satu lebih mengatasi yang lain. Burung geroda, binatang mitis
hindu kenderaan Visynu dipertentangkan dengan kuasa Allah menerusi Nabi Allah
Sulaiman. Unsur mitos Hindu dan animisme seperti gajah sakti, anak raja yang
ditemui dalam buluh betung dan dalam sungai, mitos asal usul tempat dan
lain-lain semuanya dikemukakan dengan cara yang teratur dan bertujuan
memberikan asal usul raja Kedah gambaran yang agung dan gemilang.
Cerita-cerita di sekitar
Raja Bersiung adalah contoh penggemblengan unsur mitos Hindu dan unsur
perlambangan untuk memberikan asal usul raja-raja Kedah suatu pewarnaan
keagungan dan kehebatan.
Penggemblengan unsur
realiti dan mitos tergambar dalam gaya pengarang menceritakan bagaimana
terjalinnya perhubungan antara Kedah dengan Siam. Dengan cara yang menarik,
pengarang tidak menafikan bahawa Siam mempunyai kedudukan yang lebih tinggi
dari Kedah dan mengaku Kedah menghantar bunga mas dan perak kepada Siam. Tetapi
pujangga istana Kedah menjelaskan peristiwa-peristiwa ini berlaku dengan
pendekatannya yang tersendiri tanpa menjejaskan kedaulatan negeri Kedah.
Telah dijelaskan dari
awal bahawa perhubungan antara negeri Kedah dengan Siam adalah berasaskan
ikatan kekeluargaan antara adinda bongsu dengan kekanda sulung. Dengan mudah
dapat diterima mengapa permaisuri Raja Bersiong dan menteri keempat meminta
bantuan dari Siam bila menghadapi masalah mencari orang yang sesuai untuk
dijadikan raja, menggantikan Raja Bersiong.
Pengarang tidak
mengatakan Raja Siam terus membantu tetapi Raja Siam berunding dengan ahli
nujum dan meminta pihak ketiga, iaitu gajah sakti, untuk menyelesaikan masalah
itu. Dengan menggunakan unsur-unsur yang wujud dalam sistem kepercayaan
masyarakat, pengarang menyatakan tugasnya sebagai pujangga istana yang
bertanggung jawab.
Keunggulan HMM makin
terarah dalam pengisahan kedatangan islam ke negeri Kedah da
Proses penyesuain dai
amalan menyembah berhala kepada bertaqwa kepada Allah Subhanallah
Wa Taalla walaupun ia
menceritakan peristiwa yang sama yang
disebut dalam banyak karya
Sastra punjanga istana
Kedah menceritakan dengan gaya yang breed
Merong Mahawangsa dikatakan tidak mula belayar dari Rom kerana
pada hemat ahli sejarawan baginda mesti perlu menuruni Afrika Selatan dahulu
lalu melalui Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Perjalanan ini adalah terlau
jauh dan tidak sesuai untuk kapal Rom. Oleh itu pelayaran sebenar adalah
melalui Teluk Parsi. Maka segelintir sejarawan melihat barangkali baginda bukan
dari Rom. Dalam pandangan lain, baginda mungkin mengakui dari Rom tetapi
Alexander the Great (Iskandar Zulkurnain) berasal dari Mercedonia Greek.
Pelayaran untuk mewujudkan hubungunan diplomatik dengan China melalui laut
merupakan era baru dan alternatif sebab selama ini hubungan darat telah ada
melalui Laluan Sutera.
Dalam pelayarannya ke China, baginda telah diserang oleh Garuda. Garuda
ini dalam hikayat sebagai burung raksasa. Burung ini dikatakan telah mengadap
Nabi Allah Sulaiman (sebagai Kerajaan Dunia) untuk memohon kebenaran menyerang.
Kisah ini kemudian dari era Nabi Sulaiman oleh itu ia hanya tambahan pencerita.
Terdapat pandangan menganggap Garuda adalah burung tunggangan Dewa Visnu dalam
agama Hindu. Oleh itu ini hanya simbol penentangan Kerajaan Hindu yang tidak
mahu Parsi berbaik dengan China kerana India mahu Asia Tenggara berada di bawah
pengaruhnya. Oleh itu, tentera laut benua India atau Sri Lanka telah menyerang
Merong Mahawangsa. Baginda Merong singgah di wilayah Lembah Bujang, Langkasuka,
KedahTua bagi membuka penempatan baru. Merong Mahawangsa ialah seorang Raja
beragama Hindu bukan beragama Roman, ini menguatkan lagi baginda tidak datang
dari Rom. Lembah Bujang mungkin didiami oleh Sami Hindu yang tidak berkahwin
seperti Bramacahri. Kerana itu kawasan itu dipanggil Lembah Bujang.
Beberapa Kajian Tentang Hikayat Merong Mahawangsa
1.
Pandangan Negatif
HMM dikenal luas oleh para pengkaji dari Eropa dan selanjutnya menjadi
obyek penelitian ilmiah setelah beberapa bagiannya diterjemahkan oleh James Low
dan diterbitkan dalam JIAEA, Jilid 3, pada tahun 1849. James Low sendiri
terkesan dengan karya ini sehingga dia sendiri mengembara di negeri Kedah untuk
mencari tempat-tempat yang disebutkan di dalam karya ini: “... I am happy to
add that my observations have verified pretty closely our author’s accounts of
localities, and not only in the above instance, but in those which he brings
forward in the subsequent parts of his work” (Salleh, 1998).
Beberapa pengkaji dari Eropa memandang rendah terhadap karya ini
berdasarkan penilaian dan pandangan yang sempit. Segala unsur persamaan dengan
karya-karya lain seperti Hikayat Raja Pasai, Hikayat Aceh, Sulalat-us-Salatin,
dan sebagainya, dianggap sebagai peniruan (Salleh, 1998). Penilaian negatif
dari para pengkaji Eropa mulai muncul pada tahun 1856, ketika John
Crawfurd menanggapi penilaian tinggi yang diberikan oleh James Low dengan
pernyataan negatif: “My friend, Colonel James Low, translated a Malay
manuscript, entitels ‘Annals of Queda’, but his production is a dateless tissue
of rank fable, from which not a grain of reliable knowledge can be gathered”
(Salleh, 1998).
Winstedt merujuk pada HMM ketika membicarakan tentang sejarah negeri Kedah
meskipun pandangannya negatif. Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan pada tahun
1920, Winstedt menyatakan bahwa cerita tentang Raja Bersiung dalam HMM
menunjukkan bahwa leluhur dinasti Melayu di Kedah bukan orang Melayu (Salleh,
1998). Pada tahun 1938, Winstedt menerbitkan sebuah tulisan lagi yang menafikan
pandangan positif para pengkaji dari Barat yang lain dengan mengungkapkan lima
hasil analisis, yaitu:
1. Cerita tentang Raja Buluh Betung
adalah mitos setempat
2. Kisah Raja Bersiung berasal dari
mitos India
3. Pengembaraan Syeh Abdullah dengan
penghulu setan ditulis oleh seorang pengarang Jawa [sic]
4. Adanya penyebutan tentang Seri Rama
dan Hanuman merupakan pengaruh dari wayang kulit Siam
5. Penyebutan tentang Nabi Allah
Sulaiman adalah hasil dari pengaruh Islam (Salleh, 1998)
Pandangan Winstedt terhadap HMM tidak pernah berubah. Dalam sebuah tulisan
yang terbit dalam JRASMB pada tahun 1940, dan diterbitkan ulang dalam JRSAMB
pada tahun 1958 serta sebagai sebuah buku oleh Oxford University Press pada
tahun 1966, Winstedt menyatakan bahwa jika saja HMM tidak mencantumkan silsilah
penguasa Kedah, maka karya ini tidak akan pernah disebut sebagai “Kedah Annals”
atau diterima sebagai karya sejarah yang serius” (Fang, 1975:226, Salleh, 1998).
Pada tahun 1961, Winstedt mengulangi lagi pandangan negatifnya: “The work is
full of omissions, gross anachronism and errors” (Salleh, 1998).
J.C. Bottoms, dalam sebuah makalah berjudul “Malay Historical Works”,
kemungkinan besar juga merujuk HMM ketika menyatakan bahwa sejarah bagi orang
Melayu bukan merupakan ilmu atau seni, melainkan hiburan (Salleh, 1998). Pada
tahun 1963, C. Hooykas menyatakan dalam Perintis Sastra bahwa HMM bukan
merupakan sebuah sumber sejarah melainkan kumpulan cerita yang aneh-aneh
(Salleh, 1998).
2. Pandangan Positif
Para ilmuwan modern, baik dari Barat maupun kalangan Melayu sendiri, dalam
tahun-tahun belakangan telah mengambil posisi yang lebih adil dalam memandang
HMM. Walaupun demikian, ada juga ilmuwan Barat yang memandang positif terhadap
karya ini. Selain James Low, ilmuwan lain yang memberikan pandangan positif
kepada karya ini adalah C.O. Blagden (1899) dan van Ronkel (1909).
C.O. Blagden (1899) menyebutkan adanya dua naskah HMM yang berlainan dalam
koleksi manuskrip Melayu W. Maxwell dalam sebuah makalah yang tersiar dalam JRAS.
Selain itu, Blagden juga menumpukan perhatian kepada tokoh Raja Bersiung. Dia
menggunakan sumber-sumber dari sastra India dan cerita-cerita Jataka untuk
membuktikan bahwa tokoh ini adalah tokoh saduran (Blagden dalam Salleh, 1998).
Sementara itu, van Ronkel menyediakan katalog manuskrip dalam koleksi
Bataviaasch Genootschap di Batavia, yaitu versi yang dikenal sebagai Sjadjarah
Negeri Kedah (Salleh, 1998).
Pada tahun 1940, H.G.Q. Wales, seorang ahli arkeologi, melakukan
penyelidikan atas beberapa tempat di negeri Kedah dan menyimpulkan bahwa
tinggalan-tinggalan arkeologis yang dikemukakan oleh James Low jauh lebih tua
tarikhnya daripada yang disebutkan dalam HMM. Namun, tentang tokoh Raja Merong
Mahawangsa sendiri, Wales masih sepakat dengan Winstedt: “... evidently merely
a legendary adventure (possibly a memory of the Maharaja, King of the
Mountain), from whom the Kedah kings are supposed ultimately to have derived
their origin” (Salleh, 1998).
Pada tahun 1964-1966, Siti Hawa Haji Salleh menyelesaikan sebuah tesis
sarjana sastra berjudul “Hikayat Merong Mahawangsa: Sebuah Kajian Kritikan
Teks” di Jabatan Pengajian Melayu, Universiti Malaya, dengan menggunakan
pendekatan filologi. Hasil kajian ini diterbitkan pada tahun 1970 dan 1991 oleh
Penerbit Universiti Malaya. Kajian ini menggunakan perpaduan dari beberapa
versi HMM yang telah ada, yaitu versi Wilkinson, versi Sturrock dan Ms. Maxwell
21. Dalam bagian pendahuluannya, Salleh mempertahankan kedudukan karya ini
sebagai sebuah karya kesejarahan Melayu yang dihasilkan berdasarkan ciri-ciri
penulisan sejarah Melayu tradisional yang tertentu. Salleh juga membuktikan
kesimpulan-kesimpulan Winstedt yang salah. Untuk pertama kali, penerbitan teks
hikayat ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (Salleh, 1998).
Pada tahun 1985, H.M.J. Maier dengan menggunakan pendekatan Foucault
menumpukan perhatian kepada lapisan-lapisan interpretasi teks, bagaimana sebuah
teks dibangun atas dasar lapisan-lapisan dan unsur-unsur budaya yang
mempengaruhi pengarang ketika menulis. Tanpa menyentuh teks secara langsung,
Maier membicarakan tentang perkembangan sosial, politik dan ekonomi yang
sezaman dengan zaman penciptaan HMM (Salleh, 1998).
Penerbitan hasil kajian Maier menimbulkan reaksi di
kalangan para sarjana kesusastraan Melayu tradisional, khususnya di kalangan
pendukung ilmu filologi konvensional. Umar Junus menjadi penghubung antara
kajian yang dihasilkan oleh Maier dengan peminat kesusastraan di Malaysia
termasuk ahli-ahli filologi Melayu. Hasilnya adalah sebuah makalah yang
berjudul “Henk Maier dan Hikayat Merong Mahawangsa” (Salleh, 1998).
Ringkasan
Cerita Hikayat Merong Mahawangsa
Angkatan Raja Merong
Mahawangsa yang sedang belayar dari Rom ke negeri China telah diserang oleh
geroda. Ia membuka negeri Langkasuka dan diangkat menjadi raja. Ia pulang ke
Rom setelah menabalkan puteranya Raja Merong Mahapudisat menjadi raja.
Langkasuka yang kemudian lebih dikenalisebagai negeri Kedah Zamin Turan.
Berpandukan nasihat
yang diberikan oleh ayahandanya, Raja Merong Mahapudisat merajakan putera
sulungnya menjadi Raja Siam, putera tengah sebagai Raja Perak dan anakandanya
yang ketiga, seorang puteri, sebagai Raja Patani. Putera yang bungsu
menggantikan ayahanda mereka sebagai Raja Kedah dengan gelaran Raja Seri
Mahawangsa. Raja inilah yang memulakan tradisi menghantar persembahan bunga Mas
dan bunga perak sebagai hadiah kepada kekandanya, Raja Siam, setiap kali
kekandanya mendapat putera.
Raja Seri Mahawangsa
mangkat setelah kecewa dengan puteranya yang tidak menurut perintah dan
digantikan oleh putera itu dengan gelaran Raja Seri Maha Inderawangsa.
Seterusnya putera Raja Seri Maha Inderawangsa menjadi raja dengan gelaran Raja
Ong Maha Perita Deria yang lebih terkenal dalam sejarah negeri Kedah sebagai
Raja Bersiong. Apabila Raja Bersiong turun dari takhta setelah ditentang kerana
kezalimannya, puteranya dibatalkan sebagai Raja Phra Ong Mahapudisat. Raja ini
digantikan oleh puteranya, Raja Phra Ong Mahawangsa yang kemudiannya menjadi
raja Kedah yang pertama memeluk agama Islam. Syeikh Abdullah Yamani menukarkan
namanya kepada Sultan Muzaffar Syah.
3. Kandungan hikayt
mararong mahawangsa
Latar belakang penulisan suatu karya sejarah sastra tradisional Melayu
adalah titah raja. Seorang raja Melayu tradisional selalu ingin menampilkan
kebesarannya sendiri dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang
ditempuhnya adalah dengan memerintahkan penulis yang berada di bawah naungannya
untuk menuliskan karya yang sesuai dengan keinginannya tersebut (Harun Mat Piah
et al., 2000, Salleh, 1998).
Tentu saja seorang raja Melayu tradisional bertempat dalam sebuah konteks
politik yang tidak selalu mendukung klaim kebesarannya. Hal ini tampak jelas
dalam HMM. Raja yang memerintahkan penulisan HMM adalah raja yang menghadapi
ketegangan dan tekanan inferiorisasi dari negeri-negeri lain di bagian utara
Semenanjung Melayu. Oleh karena itu HMM dengan jelas berusaha mengungkapkan
kesan bahwa Kedah lebih besar daripada negeri-negeri lain di kawasan tersebut.
Citra kebesaran raja Melayu tradisional juga diciptakan sedemikian rupa di
dalam karya sastra kesejarahan Melayu dengan menyisipkan narasi yang terkait
dengan konsep “daulat” dan “durhaka” (derhaka). Konsep daulat menyatakan bahwa
seorang raja adalah penguasa tertinggi di suatu negeri. Sementara itu, konsep
durhaka menyatakan bahwa rakyat yang melakukan pembangkangan terhadap raja akan
ditimpa bencana. Dalam karya kesejarahan Melayu tradisional, daulat raja
ditekankan sedangkan durhaka diperlihatkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan
rasa takut untuk membangkang pada audiens.
HMM justru mengambil pola yang berbeda. Hal ini terlihat dalam narasi
ketika keempat menteri utama berinisiatif untuk menggulingkan Raja Bersiung.
Raja Bersiung adalah seorang penguasa Kedah yang suka memakan daging manusia.
Setiap hari dia mewajibkan salah seorang rakyatnya untuk dijadikan santapannya.
Menurut konsep daulat dan durhaka, maka perintah itu harus ditaati oleh seluruh
rakyat Kedah. Akan tetapi pengarang HMM memberikan perkecualian dalam kasus
Raja Bersiung dengan membenarkan upaya kudeta oleh para menteri yang juga
didukung oleh permaisuri. Bagi pengarang HMM, kekuasaan raja tidak mutlak,
tetapi kondisional. Jika raja berbuat lalim, maka rakyat berhak memakzulkannya.
Sebagai sebuah karya sastra kesejarahan Melayu tradisional, HMM mematuhi
prinsip penulisan yang berbeda dari prinsip penulisan sejarah saintifik modern.
Menurut Piah et al. (2002) dan Salleh (1998),
historiografi Melayu tradisional mengandung lima unsur yang selalu ada,
yaitu:
a) asal-usul keturunan raja,
b) pembukaan sebuah negeri,
c) jurai keturunan raja yang pertama
sampai yang terakhir,
d) proses pengislaman raja dan seluruh negeri, dan
e) situasi ketika penulisan atau
penyalinan terakhir dilaksanakan.
Hampir semua unsur tersebut, kecuali yang terakhir, dituliskan berdasarkan
mitos, legenda, perlambangan dan lain-lain (Salleh, 1998).
Asal-usul raja Kedah pada saat HMM dituliskan diawali dari keluarga raja
negeri Rom. Negeri Rom pada masa itu tentu merupakan sebuah negeri yang besar
dan termasyhur kemegahannya di kalangan rakyat negeri-negeri Melayu. Dengan
mengklaim raja Rom sebagai leluhurnya, maka para penguasa Kedah memperoleh
legitimasi populer atas kekuasaannya.
HMM menyatakan bahwa Raja Merong Mahawangsa menamakan negeri yang
disinggahinya dalam perjalanan ke benua China dengan “Langkasuka”. Kemudian
Langkasuka diganti dengan Kedah Zamin Turan. Setelah menyebutkan nama ini
secara lengkap, pengarang HMM hanya menuliskan nama “Kedah” saja untuk merujuk
pada negeri tersebut. Salleh (1998) menyatakan bahwa sejarah telah membuktikan
bahwa Langkasuka bukan Kedah. Kedah adalah pelabuhan atau pintu masuk ke Langkasuka
di sebelah barat ketika kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaannya.
Pengarang HMM memilih cara yang unik untuk menceritakan tentang kedatangan
Islam di Kedah. Pada karya-karya kesejarahan yang lain, misalnya pada Hikayat
Raja Pasai dan Sulalat-us-Salatin, proses tersebut mengandung unsur
mimpi. Raja pasai dan Malaka bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW pada
malam sebelum sebuah kapal tiba dari Mekah. Dalam HMM, proses pengislaman
diawali dengan keinginan Syekh Abdullah Yamani yang ingin belajar kepada
penghulu setan. Dengan bantuan gurunya, dia berhasil menemui penghulu setan
bergerak ke seluruh dunia sebelum akhirnya tiba di Kedah.
Si penghulu setan bersedia memberikan pelajaran kepada Syekh Yamani dan
memerintahkan Syekh Yamani untuk memegang jubahnya sehingga Syekh Yamani tidak
dapat terlihat oleh mata manusia. Dengan cara itu, Syekh Yamani dapat mengikuti
si penghulu setan tanpa harus terlihat oleh manusia lain. Syarat utama yang
diajukan oleh penghulu setan adalah bahwa Syekh Yamani tidak boleh memprotes
apapun tindakan yang dilakukan oleh si penghulu setan.
Syekh Yamani sempat beberapa kali melakukan protes atas tindakan si
penghulu setan yang menurutnya tidak dapat dibenarkan. Si penghulu setan masih
memberikan beberapa kali toleransi kepada Syekh Yamani. Akan tetapi pada saat
berada di bilik peraduan Raja Phra Ong Mahawangsa, penguasa Kedah, Syekh Yamani
tidak tahan ketika melihat si penghulu setan mengencingi arak yang akan diminum
oleh sang raja. Si penghulu setan marah sehingga meninggalkan Syekh Yamani.
Karena tidak lagi memegang jubah si penghulu setan, maka Syekh Yamani dapat
terlihat Raja Phra Ong Mahawangsa.
Narasi tentang perjumpaan Syekh Yamani dan Raja Phra Ong Mahawangsa
merupakan sebuah simbolisasi yang masih terikat pada ajaran Islam. Arak dalam
narasi tersebut disamakan dengan kencing setan sehingga menjadi barang yang
najis dan hukumnya haram.
HMM menguraikan dengan jelas jurai keturunan raja dari Raja Merong
Mahawangsa sampai dengan keturunan raja yang ketujuh, yaitu Raja Phra Ong
Mahawangsa atau Sultan Muzalfal Syah. Sultan Muzalfal Syah menabalkan putra
sulungnya menjadi raja dengan gelar Sultan Muazzam Syah di Kota Palas. Ketika
Sultan Muzalfal Syah mangkat, dia digantikan oleh Sultan Muazzam Syah. Lampiran
terakhir HMM menyatakan dengan ringkas tentang raja-raja yang memerintah negeri
Kedah sejak Sultan Muazzam Syah hingga Sultan Ahmad Tajudin Halim Syah. Salleh
(1998) menduga bahwa lampiran terakhir ini ditambah dan dibenahi ketika disalin
pada masa pemerintahan Sultan Ahmad Tajuddin Halim Syah (1797 – 1843).
BAB III
KESIMPULAN
Hikayat Merong
Mahawangsa yang dikarang dengan berdasarkan konsep penulisan sejarah Melayu
tradisional, menjalankan peranannya sebagai sebuah penulisan sejarah. Ia
bukanlah dikarang semata-mata berdasarkan khayalan dan dongengan; malah banyak
rahsia budaya dan nilai hidup zaman dulu tersirat dalam himpunan perlambangan,
mitos dan realita. Penggemblengan unsur realiti dan mitos tergambar dalam gaya
pengarang menceritakan bagaimana terjalinnya perhubungan antara Kedah dengan
Siam. Dengan cara yang menarik, pengarang tidak menafikan bahawa Siam mempunyai
kedudukan yang lebih tinggi dari Kedah dan mengaku Kedah menghantar bunga mas
dan perak kepada Siam. Tetapi pujangga istana Kedah menjelaskan
peristiwa-peristiwa ini berlaku dengan pendekatannya yang tersendiri tanpa
menjejaskan kedaulatan negeri Kedah.
DAFTAR PUSTAKA
http://ms.wikipedia.org.wiki.Hikayat_Merong_Mahawangsa (Dikutip Jum’at 21.11.2014. Pukul
15:20)
http://sasterarakyat-kedah.com.cat(Dikutip jum’at21.11.2014. Pukul 15:35) http://mimbarkata.blogspot.com.2013.03.hikayat-merong-mahawangsa.html
(Dikutip jum’at 21.11.2014. Pukul 15:55)
http://www.melayuonline.com (Dikutip Minggu, 23.11.2014. Pukul
21.19)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar