Sabtu, 28 Oktober 2017




PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PENGARUH AKTIVITAS ORGANISASI PRAMUKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO MAHASISWA

BIDANG KEGIATAN:
PKM-ARTIKEL ILMIAH

Diusulkan oleh:
Ana Wahyu Kusniati              14040004        (Angkatan 2014)
Ferra Luxiyta                          15040042        (Angkatan 2015)
Amar Kurniawan                    16040046        (Angkatan 2016)






SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2017










PENGESAHAN PKM-ARTIKEL ILMIAH

1.        Judul Kegiatan                                         :  Pengaruh Aktivitas Organisasi
   Pramuka terhadap Kemampuan
 Berpidato Mahasiswa
2.        Bidang Kegiatan                                      :  PKM-AI
3.        Ketua Pelaksana Kegiatan                      
a.       Nama Lengkap                                   :  Ana Wahyu Kusniati
b.      NPM                                                  :  14040004
c.       Jurusan                                               :  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
d.      Universitas/Institut/Politeknil            :  STKIP Muhammadiyah Pringsewu
  Lampung
e.       Alamat Rumah dan No Tel/HP          :  Jl. Batutegi kec. Air Naningan
   085789778599 
f.       Email                                                  :  ana_kusniati19@yahoo.co.id
4.        Anggota Pelaksana Penulis                      :  3 Orang
5.        Dosen Pendamping
a.       Nama Lengkap dan Gelar                  :  Izhar, M.Pd.
b.      NIDN                                                 :  0208028601
c.       Alamat Rumah dan No Tel/HP          :  085269390309

Pringsewu, 1 Februari 2017

Menyetujui,
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia



Dra. Lisdwiana Kurniati, M.Pd.
NIP 196304241989032001
Ketua Pelaksana,





Ana Wahyu Kusniati
NPM 14040004

Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung



Drs. H. A. Rahman, M.M., M.Pd.
NIP 195603121986101001

Dosen Pembimbing,




Izhar, M.Pd.
NIDN 0208028601


JUDUL

Pengaruh Aktivitas Organisasi Pramuka Terhadap Kemampuan Berpidato Siswa.

NAMA PENULIS

Nama penulis artikel ilmiah ini adalah Ana Wahyu Kusniati, Ferra Luxiyta, dan Amar Kurniawan yang merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas organisasi pramuka terhadap kemampuan berpidato mahasiswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia sebanyak 30 mahasiswa, yang terdiri atas 15 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa yang mengikuti organisasi pramuka dan 15 tidak mengikuti organisasi pramuka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes performance, sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan t-tes. 10 mahasiswa yang aktif dalam organisasi pramuka memiliki kemampuan yang sangat baik dalam berpidato, 4 mahasiswa yang mengikuti organisasi pramuka memiliki kemampuan baik dalam berpidato, dan hanya 1 mahasiswa yang mengikuti organisasi pramuka memiliki kemampuan cukup dalam berpidato, sedangkan dari 15 mahasiswa lainnya yang tidak mengikuti organisasi pramuka hanya terdapat 5 mahasiswa yang memiliki kemampuan berpidato yang sangat baik,  2 baik, 5 cukup dan 3 kurang.

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, yang dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi. Komunikasi merupakan bagian integral kehidupan manusia, cara terpenting untuk berhubungan dan bekerja sama dengan manusia adalah komunikasi. Kecenderungan mahasiswa yang berkecimpung aktif dalam organisasi memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik. Sebagai makhluk sosial, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi, baik dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan masyarakat. Pihak-pihak yang berkecimpung dalam sebuah organisasi dirasa memiliki keahlian komunikasi yang lebih baik.
Organisasi sebagai satuan unit sosial (pengelompokan manusia) yang sengaja dibentuk kembali dengan penuh pertimbangan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu. Kegiatan sehari-hari selalu berhubungan dengan orang lain, begitupun dengan organisasi, di dalamnya pasti selalu berhubungan dengan orang lain. Aktivitas berorganisasi memberikan sumbangsih yang nyata terhadap kemampuan komunikasi siswa. Organisasi merupakan suatu aktivitas yang terdapat komunikasi didalamnya.
Menurut Drs. H. Malayu, S.P. Hasibuan (2016: 24 s.d 25), Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja. Tujuan diatas berarti memungkinkan berkomunikasi dengan baik untuk mencapai tujuan. Komunikasi sebagai penghubung antara manusia dengan manusia lain, baik individu maupun kelompok. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi yang diterima oleh alat-alat indra, kebagian otak. Komunikasi merupakan aktivitas yang paling penting dalam kehidupan manusia.
Adanya aktivitas organisasi di Perguruan Tinggi dirasa akan memberikan konstribusi tersendiri bagi kemampuan komunikasi Mahasiswa. Aktivitas adalah kegiatan atau keaktifan jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non fisik merupakan sebuah aktivitas (Anton. M. Mulyo. 2001 : 26).
Berbicara mengenai aktivitas berorganisasi tentu tidak akan asing dengan istilah pidato. Pidato merupakan penyampaian atau pengungkapan secara lisan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, pidato salah satu bentuk komunikasi satu arah, dalam berpidato diperlukan kemahiran dasar, antara lain: mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar, menguasai retorika atau gaya berbicara dengan bahasa yang baik dan benar serta memiliki keberanian tampil dimuka umum.
Salah satu kegiatan yang diduga mampu mendukung kemampuan berpidato Mahasiswa adalah organisasi Pramuka. Organisasi pramuka khususnya dalam lingkup Perguruan Tinggi atau Universitas, masuk dalam golongan pramuka pendega, tentu tidak akan sama dengan pramuka siaga, penggalang maupun penegak. Mahasiswa yang mengikuti organisasi pramuka dalam lingkup Perguruan Tinggi atau disebut dengan golongan pramuka pendega, sudah harus “mempersiapkan diri membangun masyarakat” seperti bunyi dalam Tri Satya atau tiga janji seorang pramuka pendega. Dalam hal ini tentu banyak kegiatan dalam pramuka yang mendukung Mahasiswa untuk mampu merealisasikan tiga janji tersebut salah satunya dengan mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, menyampaikan informasi di depan khalayak umum atau disebut pidato yang secara langsung akan memberikan pembelajaran  dengan jelas. Kegiatan yang mampu mendukung hal tersebut  yaitu saat latihan pramuka.
Menurut pengamatan dan observasi yang peneliti lakukan, salah satu kegiatan saat latihan pramuka yang dapat mendukung kemampuan berpidato Mahasiswa yaitu saat upacara pembukaan dan penutupan latihan, dimana dalam kegiatan ini Mahasiswa secara bergantian akan menjadi petugas upacara atau apel dalam kegiatan tersebut baik itu menjadi pembina ataupun pemimpin. Menjadi seorang pembina dalam upacara pembukaan dan penutupan latihan tentu akan menyampaikan sebuah informasi di depan anggota yang lain, hal ini lah yang dapat melatih kemampuan Mahasiswa dalam berpidato, sehingga nantinya dalam menyampaikan pidato didepan khalayak Mahasiswa sudah terbiasa. Hal ini dapat menjadi bekal seorang Mahasiswa yang nantinya pasti akan menjadi seorang pemimpin. Selain menjadi seorang pemimpin dalam golongan ini Mahasiswa akan dipersiapakan bukan lagi menjadi seorang pelatih ataupun pemimpin saja, namun akan dipersiapkan untuk menjadi seorang pembina pramuka harus mampu memiliki keterampilan berbicara yang baik. Organisasi Pramuka dirasa memiliki peran khusus dalam meningkatkan kemampuan berpidato Mahasiswa. Kemampuan berpidato yang baik sangat diperlukan dalam aktivitas organisasi pramuka khusunya dalam penerapan kemampuan berbicara seorang Mahasiswa.
Peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian berkaitan dengan apakah aktivitas organisasi pramuka memberikan sumbangsih yang baik dalam membentuk kemampuan berpidato Mahasiswa. Aktivitas organisasi pramuka dalam penelitian akan difokuskan pada kemampuan siswa dalam menyampaikan pidato saat upacara pembukaan dan penutupan latihan yang bertugas sebagai pembina upacara atau apel dalam UKM Pramuka STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
Aktivitas dalam Organisasi Pramuka merupakan segala kegiatan atau keaktifan seseorang baik fisik maupun non fisik, yang terbentuk dan memiliki struktur serta terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan, tujuan dapat berupa interaksi dalam aktivitas sosial yang memang sangat penting guna menunjang suatu kemampuan komunikasi yang lebih baik dan efektif.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian berkaitan dengan Pengaruh Organisasi Pramuka terhadap kemampuan berpidato Mahasiswa. Mengingat keterbatasan yang ada, maka penelitian ini dibatasi dengan judul ’’Pengaruh Aktivitas Organisasi Pramuka terhadap Kemampuan Berpidato Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.’’


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini:  “Apakah Aktivitas Organisasi Pramuka Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpidato Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung?’’
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka peneliti menetapkan judul penelitian ini sebagai berikut “Pengaruh Aktivitas Organisasi Pramuka Terhadap Kemampuan Berpidato Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung”.

Tujuan penelitian

Berdasarkan latar belakang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Aktivitas Organisasi Pramuka terhadap Kemampuan Berpidato Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Manfaat

Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kontribusi  hasil  penelitian  ini  sebagai  bukti  konkret untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa melalui aktivitas organisasi pramuka. Dengan demikian, pembinaan  pramuka  menjadi  lebih baik.

TUJUAN

Berdasarkan latar belakang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Aktivitas Organisasi Pramuka terhadap Kemampuan Berpidato Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

METODE
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  ini yaitu tes performance. Sebelum melakukan tes performance dilakukan observasi terlebih dahulu terhadap kegiatan pramuka. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendata potensi yang dihubungkan dengan keterampilan berbicara. Lokasi pelaksanaan kegiatan dilakukan di kampus STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari tanggal 1 November 2016 sampai dengan 1 Februari 2017.
Dalam penelitian ini dilakukan tes performance selama 2 kali yaitu dihari sabtu dan minggu setelah dilakukan observasi, pengamatan, dan pemberian materi yang sama di dalam satu kelas tersebut. Materi  yang disampaikan kepada Mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kelas A adalah materi yang berkaitan dengan berpidato yaitu pengertian organisasi, manfaat organisasi, aktivitas dalam organisasi pramuka, hakikat komunikasi, hakikat pidato, penyampaian pidato, tujuan pidato, kriteria pidato yang baik, jenis-jenis pidato, dan metode pidato.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, karena penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X dan Y atau variabel bebas dan variabel terikat, yang akan dilihat korelasinya antara keduanya secara timbal balik. Dengan metode korelasional ini peneliti dapat mengetahui seberapa besar keeratan korelasi antara kedua variabel. Unutk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara aktivitas organisasi pramuka terhadap kemampuan berpidato mahasiswa, peneliti menggunakan korelasi sederhana dengan rumus korelasi product momen untuk mneguji korelasi di bawah ini:
            Keterangan:
            rxy           = koefisien korelasi antara X dan Y
                xy        = hasil kali antara X dan Y
            n          = jumlah data
            x          = skor ganjil
            y          = skor genap (Sugiyono, 2009: 255)
Hasil korelasi tersebut diinterpretasikan terhadap tabel interpretasi koefisien korelasi (Sugiyono, 2009: 257) di bawah ini:
Pedoman untuk Memberikan Interpretasi Koefisien Korelasi
Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
0,00-0,199
0,20-0,399
0,40-0,599
0,60-0,799
0,80-1,000
Sangat rendah
Rendah
Sedang
Kuat
Sangat Kuat

Setelah diketahui koefisien korelasinya, diuji signifikannya hubungan kedua variabel tersebut dengan menggunaktan rumus t di bawah ini:

Keterangan:
t = koefisien signifikasi korelasi variabel
r = koefisien korelasi antar dua variabel
Harga t hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga t table, dengan kesalahan 5%. Dengan ketentuan bila r hitung lebih kecil dari r table (rh<rt), maka Ho diterima, dan Ha ditolak. Tetapi sebaliknya bila r dihitung lebih besar dari r table (rh>rt) maka Ha diterima.
Setelah ditemukan korelasinya, diuji signifikansinya untuk mengetahui koefisien korelasi tersebut dapat digeneralisasikan atau tidak, dengan menggunakan rumus di bawah ini:
Keterangan:
R = koefisien korelasi ganda
K = jumlah variabel independen/bebas
N = jumlah anggota sampel
Hasil Fh dikonsultasikan dengan F table, dengan dk pembilang = k dan dk penyebut = (n-k-l) dan taraf kesalahan yang ditetapkan 5%. Dalam hal ini berlaku ketentuan bila Fh lebih besardari Fb maka koefisien korelasi ganda yang diuji adalah signifikan, yaitu dapat diberlakukan untuk seluruh populasi. Pada populasi ganda dilanjutkan dengan regresi ganda.
HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil

     Hasil kegiatan tes performance di kelas A Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester 1 disajikan pada tabel berikut :

No
Nilai
Frekuensi absolute
Frekuensi relatif
Keterangan
1
90
15
50%
Sangat Baik
2
80
6
20%
Baik
3
70
6
20%
Cukup
4
60
3
10%
Kurang
Total Sample
30



Jadi dari tabel di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
Jumlah frekuensi absolut dengan nilai 90 sebanyak 15 mahasiswa, 10 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa aktif dalam organisasi pramuka dan 5 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. Jumlah frekuensi absolut dengan nilai 80 sebanyak 6 mahasiswa, 4 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa aktif dalam oganisasi pramuka dan 2 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. Jumlah frekuensi absolut dengan nilai 70 sebanyak 6 mahasiswa, 5 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa aktif dalam organisasi pramuka dan 1 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. Jumlah frekuensi absolut dengan nilai 60 sebanyak 3 mahasiswa yang ternyata tidak mengikuti organisasi.
Pembahasan
Dalam tes performance peneliti menetapkan dua tema yaitu: Hari Pahlawan dan Hari Ibu. Penelitian dilakukan selama dua hari dengan peserta tes performance 30 mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung Semester 1 kelas A. Dengan indikator penilaian sebagai berikut: Kerelevansian isi, sistematika isi, diksi, susunan kalimat dan pelafalan.
10 mahasiswa yang dikatakan sangat baik dalam berpidato dapat dilihat dari indikator yang menjadi acuan penilaian dalam berpidato yaitu pidato yang disampaikan relevensi dengan isi dan tema pidato, susunan pidatonya tersistematis, penggunaan bahasa baik dan sesuai, diksi yang digunakan bervariasi dan tepat dan tidak monoton sehingga pendengar mudah memahami. Susunan kalimatnya tepat dan penggunaan S,P,O,K nya sesuai serta pelafalannya sangat jelas, lantang, tegas serta di sampaikan dengan penuh percaya diri. Sedangkan, 5 mahasiswa yang dikatakan sangat baik dalam berpidato sama dengan 10 mahasiswa yang dikatakan sangat baik dalam berpidato. Namun, yang membedakan adalah pelafalannya karena 5 mahasiswa ini tercatat tidak aktif dalam organisasi pramuka sehingga dalam penyampaiannya kurang percaya diri.
4 mahasiswa yang dikatakan baik dalam berpidato dapat dilihat dari kesesuaian isi dengan topik pidato, susunan pidato yang sistematis, diksi yang bervariasi, tetapi ada beberapa kalimat yang kurang tepat. Walapun demikian pada saat berpidato mampu melafalkan dengan percaya diri dan jelas. Sedangkan 2 mahasiswa yang dikatkan baik dalam berpidato sama dengan 4 mahasiswa dikatakan baik dalam berpidato. Namun, yang membedakan adalah pelafalannya, 2 mahasiswa ini kurang percaya diri dan tegas dalam menyampaikan.
6 mahasiswa yang dikatakan cukup dalam berpidato dapat dilihat dari isi yang sudah sesuai dengan topik pidato, susunan pidato sudah sistematis, tetapi ada beberapa penggunaan diksi yang kurang tepat, serta penampilan atau cara melafalkan lantang  dan percaya diri meski susunan kalimatnya ada beberapa yang kurang tepat.
3 mahasiswa yang dikatakan kurang dalam berpidto dapat dilihat dari sistematika yang sudah sesuai dan tepat, tetapi untuk penggunaan diksi dan susunan kalimatnya banyak sekali yang kurang tepat sehingga pendengar sulit mengerti apa yang disampaikan, selain itu pelafalannya tidak begitu jelas dan kurang percaya diri.
KESIMPULAN
Tes performance yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa organisasi pramuka berperan penting dalam kemampuan berkomunikasi khususnya dalam berpidato. Hasil yang didapatkan dalam penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang aktif organisasi pramuka memiliki keterampilan berbicara khususnya pidato yang lebih baik. Dengan demikian maka dapat dibuktikan bahwa organisasi pramuka memberikan sumbangsih yang positif dan kuat terhadap kemampuan berpidato mahasiswa, dan diantara aktivitas organisasi pramuka dan kemampuan berpidato ini saling terkait dan berpengaruh positif
UCAPAN TERIMA KASIH
Terima kasih peneliti sampaikan kepada semua pihak yang telah memabantu dalam proses penelitian ini:
Kepada Drs. H. A Rahman, M.M., M.Pd. selaku ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung
Kepada Dra. Lisdwiana Kurniati, M.Pd. selaku ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kepada bapak izhar, M.Pd. selaku dosen pembimbing yang senantiasa mengarahkan kami.



DAFTAR PUSTAKA
Anton, M., Mulyono. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.
Hasibuan,S.P., Malayu. (2016).Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.





















Lampiran 1 Biodata Ketua, anggota dan Dosen Pendamping
A. Identitas Diri Ketua

1
Nama Lengkap
Ana Wahyu Kusniati
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
4
NPM
14040004
5
Tempat Dan Tanggal Lahir
Totomargo, 27 Juni 1996
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/Hp
085789778599

B. Riwayat Pendidikan


SD
SMP
SMA
Nama Institut
SDN 1 Batutegi
SMPN 1 Air Naningan
SMAN 1 Pulaupanggung
Jurusan
-
-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
2002-2008
2008-2011
2011-2014


Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-AI.


Pringsewu, 1 Februari 2017
Pengusul,                    
                                                


Ana Wahyu Kusniati







A. Identitas Diri Anggota

1
Nama Lengkap
Ferra Luxiyta
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
4
NPM
15040042
5
Tempat Dan Tanggal Lahir
Pererjo, 12 Maret 1997
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/Hp
085769559588

B. Riwayat Pendidikan


SD
SMP
SMA
Nama Institut
SDN 2 Parerejo
SMPN 4 Gadingrejo
SMA Bina Mulya Gadingrejo
Jurusan
-
-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-AI

                                                                        Pringsewu, 1 Februari 2017
Pengusul,                    
                                                


Ferra Luxiyta 













A. Identitas Diri Anggota

1
Nama Lengkap
Amar Kurniawan
2
Jenis Kelamin
Laki-laki
3
Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
4
NPM
16040046
5
Tempat Dan Tanggal Lahir

6
E-Mail

7
Nomor Telepon/Hp


B. Riwayat Pendidikan


SD
SMP
SMA
Nama Institut



Jurusan
-
-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
2002-2008
2008-2011
2011-2014

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-AI.

                                                                        Pringsewu, 1 Februari 2017
Pengusul,                    
                                                


Amar Kurniawan















Lampiran 2
SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                    : Ana Wahyu Kusniati
NPM                    : 14040004
Program Studi      : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan                 : Bahasa dan Seni
Dengan ini menyatakan bahwa proposal PKM-AI saya denag judul Pengaruh Aktivitas Organisasi Pramuka terhadap kemampuan Bepidato Mahasiswa yang diusulkan untuk tahun anggaran 2017 bersifat orisinal dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas Negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.
                                                                 Pringsewu, 1 Februari 2017
Mengetahui,
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia




Dra. Lisdwiana Kurniati, M.Pd.
NIP 196304241989032001

Yang menyatakan,





Ana Wahyu Kusniati
NPM 14040004






Lampiran
Surat Pernyataan Sumber Tulisan PKM-AI

Saya yang menandatangani Surat Pernyataan ini:
-            Nama        : Ana Wahyu Kusniati
-            NPM        : 14040004

1)        Menyatakan bahwa PKM-AI yang saya tuliskan bersama anggota tim lainnya benar bersumber dari kegiatan yang telah dilakukan
-        Yaitu kegiatan praktik lapangan dalam mata kuliah metodelogi penelitian yang telah dilakukan sendiri oleh penulis bukan pihak lain.
-        Dengan topik kegiatan pengaruh aktivitas organisasi pramuka terhadap kemampuan berpidato mahasiswa
-        Tahun 2016 tempat kampus STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung
2)        Naskah ini belum pernah diterbitkan atau dipublikasikan dalam bentuk prosiding maupun jurnal sebelumnya.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun juga untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pringsewu, 1 Februari 2017
Yang Membuat Pernyataan



Ana Wahyu Kusniati
14040004
Mengetahui,
Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia


Dra. Lisdwiana Kurniati, M.Pd.
NIP 196304241989032001






Tidak ada komentar:

Posting Komentar